Surabaya (ANTARA News) - Mantan pebulutangkis Pelatnas yang menempati unggulan teratas, Budi Santoso sukses melewati hadangan Taufik Hidayat Akbar untuk menuju semifinal kejuaraan Piala Indocock Wali Kota Surabaya 2009.

Pada babak delapan besar yang berlangsung di GOR Sudirman Surabaya, Kamis malam, pemain Mutiara Bandung itu menang "rubber set" 21-8, 16-21, 21-11.

Tampil dominan dengan penempatan bola-bola sulit pada set pertama, Budi Santoso sedikit kewalahan ketika Taufik Akbar bangkit dan bermain agresif pada set kedua.

Namun, modal pengalaman dan kematangan mental mampu mengantarkan Budi Santoso mengatasi tekanan lawannya pada set ketiga dan menang dengan angka telak.

"Dia (Taufik Akbar) bermain cukup ulet dan bola-bolanya sering menyulitkan," kata Budi Santoso.

Selanjutnya pada perebutan tiket final, Budi Santoso akan ditantang unggulan ketiga asal Djarum Kudus, Engga Setiawan yang menang atas Agung Ruhanda (Mutiara) dengan dua set langsung 22-20, 21-3.

Semifinal lainnya akan mempertemukan andalan tuan rumah Fauzi Adnan (Suryanaga Surabaya) melawan Ardiansyah Putra (Ganesha).

Fauzi yang menempati "seeded" kedua pada turnamen berhadiah total Rp130 juta ini, tanpa kesulitan menghentikan Sakti Kusuma (Mutiara) dengan 21-8, 21-15.

Sementara Ardiansyah Putra mengalahkan Bayu Sukmo Pamulang (Djarum) juga dalam permainan dua set 21-16, 25-23.

"Saya optimistis bisa mengatasi Ardiansyah dan lolos ke final. Saya sudah sering bertemu dia dan mengetahui tipe permainannya," kata Fauzi usai pertandingan.

Sementara pada bagian putri, pemain asal Meksiko, Deyanira Angulo Chinas memastikan lolos ke empat besar, setelah lawannya Yulia Yosephine Susanto (Bintaro Jaya Raya) didiskualifikasi, karena ketahuan merangkap bermain di kelompok taruna.

Deyanira yang menjadi satu-satunya wakil Meksiko pada turnamen ini, sempat kalah 14-21 ketika akhirnya lawannya terkena diskualifikasi sebelum set kedua dimainkan.

"Nomor tunggal putri kelompok dewasa baru dimainkan hari ini dan kami baru tahu kalau Yulia Yosephine ternyata juga bermain di kelompok taruna, setelah melakukan pengecekan," kata Referee Pertandingan, Eddyanto Sabarudin.

Pada babak semifinal yang dimainkan Jumat (8/5), Deyanira akan bertemu unggulan pertama Rosaria Yusfin Pungkasari yang mengalahkan Stevany (SGS Elektrik) dengan 21-9, 21-7.

Perebutan tiket final lainnya akan mempertemukan unggulan kedua Febby Angguni (Djarum) melawan Gustiani Megawati Sari (Suryanaga).

Febby Angguni lolos dengan kemenangan mudah 21-13, 21-8 atas Putri Muthia (Tangkas Alfamart), sementara Gustiani Megawati menundukkan Ria Ade (Pertamina) 21-16, 27-25.
(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009