Johannesburg (ANTARA News/AFP) - Presiden terpilih Afrika Selatan Jacob Zuma akan membawa ketiga istrinya dan telah mengundang seluruh 19 anaknya untuk datang ke pelantikannya pada Sabtu, kata jurubicaranya, Kamis.

"Ia akan didampingi oleh ketiga istrinya dan anak-anaknya. Ia juga telah mengundang keluarga dari seluruh penjuru negeri," kata Zizi Kodwa kepada AFP.

Kodwa mengatakan, ia tidak tahu pasti apakah seluruh 19 anak Zuma akan hadir.

"Mereka yang bisa datang akan datang," katanya.

Ia menambahkan, masih belum jelas apakah seluruh ketiga istrinya akan berdiri di samping Zuma ketika ia mengucapkan sumpah jabatan sebagai presiden Afrika Selatan.

Zuma menikah lima kali dan poligami diakui secara sah di negara tersebut.

Istri pertamanya adalah Sizakele Khumalo, yang telah dikenalnya selama 50 tahun dan dinikahinya pada 1973. Mereka tidak memiliki anak dan wanita itu masih tinggal di desa Zuma, Nkandla.

Istri keduanya adalah Nompumelelo Ntuli Zuma, yang dinikahinya tahun lalu, dan istri ketiganya, Thobeka Mabhija, dinikahinya pada Januari.

Salah satu istri sebelumnya, Kate Mantsho Zuma, bunuh diri pada 2000.

Mantan istrinya yang lain, Nkosazana Dlamini-Zuma, masih tetap berada di lingkaran dalam sebagai seorang anggota kabinet meski mereka telah bercerai pada 1998.

Ibu dari keempat anak Zuma itu kini menjadi menteri luar negeri dan diduga kalangan luas akan tetap berada dalam kabinet baru Zuma, yang akan diumumkan pada Minggu.

Lebih dari 5.000 pejabat dan 30.000 orang lain diperkirakan akan menghadiri pelantikan Zuma di Pretoria.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009