Teheran (ANTARA News/AFP) - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Jumat, secara resmi mendaftarkan diri sebagai calon kepala negara republik Islam itu untuk masa jabatan kedua dan mengaku memiliki peluang untuk menang dalam Pemilu 12 Juni itu.

Setelah mendaftarkan diri, Ahmadinejad mengatakan, ia ingin melayani rakyat untuk masa jabatan kedua.  "Saya hanya ingin melayani rakyat," katanya kepada AFP.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan hasil pemilihan itu, pemimpin yang berhaluan keras itu ia menjawab, "Ketika sebuah negara melakukan pemilihan, hasilnya selalu baik dan mengejutkan, dan saya memiliki harapan."

Kantor Berita Iran IRNA melaporkan, presiden itu didampingi ke kementerian dalam negeri oleh manajer kampanyenya, Mojtaba Samareh Hashemi, dan penasihat media, Mehdi Kalhor, serta dua wakil presiden, Esfandiar Rahim Mashaie dan Ali Saeedlou.

Ahmadinejad berada di urutan kedua pendaftaran dari empat calon utama yang diperkirakan mendaftarkan diri dalam pemilihan 12 Juni itu.

Sebelumnya, Jumat, mantan kepala Korps Garda Revolusi Iran, Mohsen Rezai, juga mendaftarkan diri untuk pemilihan itu.

Rezai, yang memimpin Korps Garda Revolusi selama 16 tahun sampai 1997, adalah tokoh konservatif pertama yang menantang Ahmadinejad dalam pemilihan itu.

Mantan ketua parlemen reformis Mehdi Karroubi dan mantan Perdana Menteri moderat Mir Hossein Mousavi juga diperkirakan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden itu. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009