Guangzhou (ANTARA News) - Berdasarkan nama-nama pemain yang didaftarkan, tampaknya nomor ganda putri akan menjadi sektor terkuat tim Jepang dalam kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman di Guangzhou, China, 10-17 Mei.

Jepang yang akan bertemu Indonesia dalam pertandingan perdana babak penyisihan Grup 1B, Minggu (10/5) membawa tiga pemain ganda putri berpengalaman yakni Miyuki Maeda, Reiko Shiota dan Satoko Suetsuna.

Shiota adalah peraih medali perunggu kejuaraan dunia BWF 2007 bersama pasangannya saat itu Kumiko Ogura, sedangkan Satoko Suetsuna bersama Miyuki Maeda saat ini menjadi ganda putri terbaik Jepang.

Menghadapi Maeda/Suetsuna yang diperkirakan akan diturunkan oleh Jepang, pelatih ganda putri Indonesia, Aryono Miranat mengakui bahwa dua ganda putri Indonesia yakni Greysia Polii/Nitya Krishinda dan Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari masih punya peluang meskipun cukup berat.

Meski pernah kalah dari pasangan Jepang itu pada perempatfinal Jepang Super Series tahun lalu, namun kemenangan ganda Jepang itu tidak diraih dengan mudah. Greysia/Nitya kalah 19-21, 21-16, 16-21 dari Maeda/Suetsuna.

Sementara pasangan Shendy/Meiliana pernah mengalahkan pasangan Jepang itu pada Indonesia Terbuka Super Series 2008.

Sementara itu, wakil manajer tim Indonesia, Lius Pongoh mengatakan tim harus memenangi pertandingan pertama dalam turnamen dua tahunan tersebut. "Pertandingan pertama jangan sampai lepas," ujar Lius Pongoh usai mendampingi pemain berlatih di Guangzhou Gymnasium, Sabtu.

Tim Indonesia yang berada dalam Grup 1B bersama China, Inggris dan Jepang, akan mengawali langkahnya dengan melawan tim yang mendapat promosi dari grup 2, Jepang.

Menghadapi tim Jepang yang mendapat promosi setelah memenangi divisi kedua dua tahun lalu di Glasgow Skotlandia, yang sebagian besar pemainnya adalah pemain-pemain belum berpengalaman dalam kejuaraan beregu, tim Indonesia tidak akan memandang sebelah mata dan tetap akan menurunkan pemain-pemain andalannya.

Berikut ini prakiraan susunan pemain yang akan diturunkan dalam pertandingan Indonesia melawan Jepang di Guangzhou Gymnasium, Minggu (10/5) Siang:

Indonesia v Jepang
Tunggal putra: Sony Dwi Kuncoro v Kenichi Tago
Tunggal putri: Maria Kristin v Mayu Sekiya
Ganda putra: Markis Kido/Hendra Setiawan v Kenta Kazuno/Kenichi Hayakawa
Ganda putri: Greysia Polii/Nitya Krishinda v Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna
Ganda campuran: Nova Widianto/Liliyana Natsir v Noriyasu Hirata/Miyuki Maeda.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009