Jakarta (ANTARA News) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Jusuf Kalla-Wiranto menyatakan akan membentuk pemerintahan yang efektif, besih, cepat dan lebih baik .

Hal itu mereka sampaikan di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu, dengan diawali lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta.

Dalam pidato politiknya, JK mengutip sebagian isi teks Proklamasi yang dibacakan Soekarno -Hatta saat Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 .

"Dalam hal penyelenggaraan pemerintahan akan diselenggarakan dan diselesaikan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," kata Jusuf Kalla, yang disambut tepuk tangan ribu simpatisan Partai Golkar dan Hanura yang mengusung pasangan tersebut.

Selain pemerintahan yang efektif, bersih dan lebih cepat untuk kebaikan rakyat, pasangan JK-Wiranto juga menjanjikan kehidupan bangsa yang harmonis dan aman di seluruh wilayah Indonesia serta kemandirian ekonomi bangsa yang bertumpu pada ekonomi kerakyatan.

Kalla juga mengemukakan bahwa dalam membangun perekonomian nasional yang kuat, rakyat adalah sokoguru dan tulang punggung bangsa dalam situasi apapun.

Dia mengemukakan bahwa saat krisis ekonomi melanda justru ekonomi kerakyatan yang tetap eksis dan berperan.

Tentang deklarasi di Tugu Proklamasi, Kalla mengatakan hal itu bukan langkah yang latah.

"Kami ingin mencontoh semangat para bapak bangsa ini, dalam membangun bangsa dan negara ini," katanya.

Menurut Kalla, pasangan Soekarno-Hatta adalah duo serasi dalam menjalankan pemerintahan. Soekarno dikenal sebagai arsistek pembangunan dengan pandangan yang jauh ke depan. Sedangkan Mohammad Hatta, adalah sosok yang konsisten dengan ekonomi kerakyatan. "Keduanya patut diteladani," kata Kalla.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009