Warga Sunter Muara sediakan tempat cuci tangan swadaya

Warga Sunter Muara sediakan tempat cuci tangan swadaya

Warga Kelurahan Sunter Muara, Jakarta Utara menyediakan tempat cuci tangan sebagai upaya menangkal penularan virus corona (COVID-19). (ANTARA/Humas Pemkot Jakarta Utara)

Saya sediakan tempat cuci tangan termasuk sabun cair di depan rumah
Jakarta (ANTARA) - Warga Kelurahan Sunter Muara, Jakarta Utara menyediakan tempat cuci tangan secara swadaya sebagai upaya menangkal penularan virus corona (COVID-19).

Masyarakat terlihat begitu antusias menyediakan tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun di halaman rumah seperti di RW 05 Sunter Muara, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok.

"Saya sediakan tempat cuci tangan termasuk sabun cair di depan rumah," kata salah seorang warga, Eka Citra Qudus, di Jakarta, Senin.

Ia membuat tempat cuci tangan dengan bahan yang sederhana yaitu ember yang ada tutupnya kemudian dipasang kran air. Biaya pembuatan kata dia, sekitar Rp35 ribu untuk beli ember, kran air sama sabun cair.

Baca juga: 29 RW di Jakarta Utara masuk zona merah COVID-19
Baca juga: Kelurahan Sunter Agung pasang spanduk imbauan cegah COVID-19


"Lebih hemat dan bermanfaat untuk keluarga dan warga sekitar. Bukan cuma keluarga saja yang gunakan ini tapi orang yang lewat depan rumah dan mau cuci tangan juga boleh," jelas Eka.

Bahkan sejumlah warga yang berlokasi di Jalan Sunter Muara RW 05 bergotong royong menyisihkan rezekinya untuk membuat wadah cuci tangan yang bisa dipakai bersama-sama dan ditempatkan di lingkungan RT 03, 04, 05 dan 06.

"Sudah tersedia 12 tempat cuci tangan beserta sabun cair hasil patungan dari warga setempat. Kita semua berharap wabah corona ini bisa cepat berakhir sehingga berbagai aktivitas bisa dilakukan seperti biasanya," harap Eka.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Banjir rob landa Penjaringan Jakarta Utara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar