Diyarbakir, Turki (ANTARA News/AFP) - Beberapa granat mortir mendarat di daerah tenggara Turki Senin, setelah tentara Iran membom beberapa posisi Kurdi di Irak utara, satu sumber keamanan mengatakan.

Mortir itu, yang datang dari Iran, mendarat di sebuah daerah pedesaan dekat kota Yuksekova di provinsi Hakkari yang berbatasan dengan Iran dan Irak, sumber tersebut mengatakan tanpa menyebut nama.

Tidak ada korban luka-luka dan tidak segera jelas berapa banyak granat mortir mendarat di Turki.

Insiden itu terjadi setelah pasukan keamanan Iran melepaskan tembakan ke posisi Partai Hidup Bebas Kurdistan (PJAK), kelompok separatis Kurdi Iran yang telah melancarkan serangan di Iran dari markas pasokan-belakang di pegunungan Irak utara, sumber tersebut menambahkan.

Tentara Turki sedang menyelidiki di sisi perbatasannya sementara pasukan Iran melakukan penyelidikan yang sama di sisi perbatasannya, kata sumber tersebut.

PJAK bersekutu dekat dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang juga menggunakan Irak utara untuk melancarkan serangan yang sama terhadap Turki dalam perang 24 tahunnya untuk memperoleh pemerintahan sendiri.

Sekitar 45.000 orang telah tewas sejak 1984 ketika PKK, yang didaftarhitam sebagai kelompok teror oleh Uni Eropa dan AS, mengangkat senjata untuk memperoleh otonomi di bagian tenggara Turki yang mayoritas-Kurdi.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009