Guangzhou (ANTARA News) - Tim juara bertahan sekaligus tuan rumah China meraih kemenangan 5-0 atas Jepang untuk memastikan tempat di semifinal kejuaraan dunia beregu campuran Piala Sudirman.

Bertanding di Guangzou Gymnasium, Selasa malam, yang diawali dengan mengheningkan cipta sejenak untuk memperingati bencana gempa bumi di Sichuan setahun lalu, tim China kembali menang tanpa kehilangan satu game pun.

Ganda putra Fu Haifeng/Cai Yun membuka perolehan angka tim China dengan memenangi pertandingan melawan Kenta Kazuno/kenichi Hayakawa 21-14, 21-13.

Diikuti kemenangan pemain tunggal putri, juara tiga turnamen berturut-turut Jerman, All England dan Swiss Terbuka, Wang Yihan atas Mayu Sekiya 21-10, 22-20 yang dilanjutkan dengan juara Olimpiade Lin Dan yang tanpa kesulitan menundukkan Sho Sasaki 21-12, 21-13 sekaligus memastikan kemenangan tim China.

Dengan dukungan penonton, pasangan Du Jing/Yu Yang hanya membutuhkan waktu 27 menit untuk menang 21-10, 21-9 atas pasangan muda Jepang Mizuki Fukii/Reika Kakiiwa, namun Zheng Bo/Ma Jin harus bertarung ketat untuk menutup game kedua dan memenangi pertandingan 21-11, 25-23 atas Noriyasu Hirata/Miyuki Maeda.

China lolos ke semifinal bersama tim unggulan kedua Indonesia dari Grup 1B setelah keduanya meraih dua kemenangan dari dua pertandingan. Kedua tim akan bertemu Kamis (14/5) untuk menentukan juara grup.

Ditanya apakah akan turun dengan kekuatan penuh untuk menjadi juara grup saat melawan Indonesia, manajer tim China Li Yongbo mengatakan, timnya ingin mengalahkan setiap tim.

Namun Yongbo menyadari bahwa pasangan ganda putranya Fu Haifeng/Cai Yun berpeluang mengalami kekalahan dari ganda Indonesia Markis Kido/Hendra Setiawan setelah mereka kalah di final Olimpiade Agustus tahun lalu.

"Sangat mungkin dan normal (mereka kalah), dan itu memang sudah diperkirakan, tetapi China masih punya tunggal putri, ganda putri dan tunggal putra yang sangat bagus," katanya.


Korea Selatan lolos

Tim Korea Selatan menjadi tim dari Grup 1A pertama yang lolos ke semifinal setelah meraih dua kemenangan dari dua pertandingan, setelah pada pertandingan Selasa malam, mengalahkan Denmark 4-1.

Tiga angka kemenangan pertama Korea diperoleh dari keberhasilan ganda campuran Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung 21-16, 21-14, ganda putra Jung Jae Sung/Lee Yong Dae 23-21, 21-10 dan tunggal putri Hwang Hye Youn yang bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Nanna Brosolat Jensen 10-21, 21-8, 21-11.

Sementara keberhasilan pasangan putri Lee Kyung Won/Lee Hyo Jung atas Kamilla Rytter Juhl/Lena Frier Kristiansen 21-13, 21-17 yang tampil pada partai terakhir menambah poin kemenangan menjadi 4-1.

Satu-satunya angka yang diraih Denmark disumbangkan oleh pemain tunggal putra Peter Gade. Pemain peringkat dua dunia itu menang 21-16, 21-18 atas Park Sung Hwan.

Peter yang saat tampil pada Piala Thomas di Jakarta tahun lalu baru saja mengalami cedera, mengaku penampilannya kali ini jauh lebih baik. "Saya bermain lebih bagus dan cepat," katanya.

Meski berharap kemenangannya dapat meningkatkan percaya diri rekan-rekan setimnya, Peter menyadari bahwa Korea adalah tim yang lebih bagus.

Dua tim dalam Grup 1A lainnya yakni Malaysia dan Denmark yang masing-masing mengumpulkan satu kemenangan dari dua pertandingan, akan bertarung untuk memperebutkan satu tempat di semifinal lainnya, Kamis. (*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009