Guangzhou (ANTARA News) - Tim Korea memastikan tempat teratas Grup 1A kejuaraan dunia beregu campuran Piala Sudirman setelah mengalahkan Hong Kong 3-2 pada pertandingan penyisihan grup di Guangzhou, China, Rabu.

Pasangan ganda campuran Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung membuka perolehan angka bagi Korsel dengan mengalahkan Hui Wai Ho/Yip Pui Yin 10-21, 21-11, 21-16.

Namun pebulutangkis tunggal putra Chan Yan Kit menyamakan kedudukan bagi Hong Kong dengan membabat Shin Baek Cheol 21-14, 21-9 hanya dalam 26 menit.

Pasangan Hwang Hi Man/Han Sang Hoon membawa tim yang selalu menjadi semifinalis itu memimpin 2-1 dengan meraih kemenangan atas Albertus Susanto Njoto/Yohan Hadikusumo Wiratama 21-10, 21-10.

Wang Chen mempertahankan peluang bagi Hong Kong dengan menyamakan kedudukan 2-2 setelah menang atas Kim Moon Hi 13-21, 21-15, 21-15.

Ganda putri Ha Jung Eun/Kim Min Jung menjadi penentu kemenangan Korsel melalui kemenangan atas Chau Hoi Wah/Chan Tsz Ka 21-7, 21-14.

Manajer tim Korsel Kim Jung Soo mengatakan, absennya pasangan Lee Yong Dae/Jung Jae Sung menyebabkan pertandingan itu menjadi sulit, apalagi Hong Kong mempunyai pemain yang bagus pada nomor tunggal.

Ia mengatakan belum bisa menurunkan pemain tunggal putra terbaiknya Park Sung Hwan karena belum pulih sepenuhnya usai mengikuti wajib militer sehingga perlu diistirahatkan sementara.

"Park Sung Hwan sudah ikut latihan hari ini dan akan latihan besok sehingga masih punya kesempatan untuk tampil pada pertandingan selanjutnya," katanya.

Pada semifinal, Korsel akan melawan runner-up Grup 1B antara Indonesia dan China yang akan bertanding Kamis (14/5).

Tim Inggris memastikan tempat ketiga pada Grup 1B setelah mengungguli Jepang 3-0 pada tiga partai pertama.

Anthony Clark/Donna Kellong membukukan angka pertama 24-22, 21-15 diikuti keberhasilan Andrew Smith atas Kenichi Tago 21-17, 19-21, 21-14 dan pasangan Nathan Robertson/Anthony Clark memastikan kemenangan dengan menundukkan Kenta Kazuno/Kenichi Hayakawa 23-25, 21-19, 21-18.

"Ini pertandingan yang istimewa bagi saya, kami bisa bertahan pada grup teratas. Itu bagus untuk pemain-pemain muda karena jika kami turun (ke divisi di bawahnya) akan sulit bagi mereka untuk naik lagi," ujar Nathan yang tampil ke-100 kali mewakili negaranya.

Kemenangan tersebut membawa Inggris maju ke babak playoff melawan tim yang kalah antara Denmark dan Malaysia untuk menentukan posisi kelima dan keenam pada Grup 1. Sementara Jepang akan bertemu dengan Hong Kong pada pada playoff degradasi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009