Guangzhou (ANTARA News) - Tim Rusia akan menghadapi Thailand yang menjadi juara Grup 2A untuk memperebutkan posisi puncak Grup 2 sekaligus mendapat promosi ke Grup 1.

Rusia yang membawa 14 pemain maju ke playoff promosi setelah dalam pertandingan di Guangzhou Gymnasium, Kamis, mengalahkan Belanda 3-2.

Pasangan Alexander Nikolaenko/Valerie Sorokina membuka angka Rusia dengan kemenangan atas Jurgen Wouters/Yao Jie 21-11, 21-11, diikuti kemenangan Stanislav Pukhov yang menang atas Dicky Palyama 21-4, 10-21, 21-10 yang membawa Rusia memimpin 2-0.

Rusia tampaknya akan menang langsung 3-0 saat pasangan Alexander Nikolaenko/Vitaly Durkin merebut game pertama atas Ruud Bosch/Koen Ridder, namun pasangan Belanda bangkit untuk memenangi pertandingan 16-21, 21-13, 21-19 dan memperbaiki kedudukan bagi Belanda.

Judith Meulindijks menyamakan kedudukan bagi Belanda dengan mengalahkan Ella Diehl 21-16, 21-19, dan pasangan putri Nina Vislova/Valerie Sorokina memastikan kemenangan dengan menumbangkan pasangan Paulien Van Dooremalen/Rachel Van Cutsen 21-15, 21-8.

Dua tim yang berakhir pada posisi terbawah Grup 1A dan Grup 1B, Jepang dan Hong Kong akan bertarung habis-habisan untuk menghindari degradasi dari Grup 1 kejuaraan dunia beregu campuran Piala Sudirman, Jumat (15/5).

"Mungkin itu akan menjadi pertandingan tersulit bagi kami karena Jepang adalah tim yang kuat," ujar kepala pelatih tim Hong Kong Chan Chi Choi.

Ia mengatakan akan menurunkan pemain-pemain terbaiknya untuk mengalahkan Jepang sekaligus menghindari degradasi dari Grup 1.

Hong Kong yang pada Rabu kalah 2-3 dari Korsel, katanya, akan bersiap untuk pertandingan terakhir dalam Piala Sudirman 2009, Jumat, sebaik mungkin.

"Kami akan turunkan susunan terbaik agar dapat mengalahkan Jepang," katanya.

Tim yang menang dalam pertandingan tersebut akan bertahan pada Grup 1 sedangkan yang kalah terdegradasi ke Grup 2.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009