Guangzhou (ANTARA News) - Harapan Malaysia untuk meraih medali pada Piala Sudirman terbuka saat mereka berhasil lolos ke semifinal setelah mengalahkan tim Denmark 3-2 pada perebutan satu tempat di semifinal Grup 1A, Kamis malam.

Tertinggal lebih dulu saat ganda campuran Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari/Wong Pei Tty kalah 17-21, 22-21 dari ganda Denmark Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl.

Namun pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei segera memperbaiki kedudukan bagi Malaysia dengan mengalahkan pemain lapis kedua Denmark Jan O Jorgensen 21-11, 21-18.

Jorgensen terpaksa diturunkan pada pertandingan penting tersebut setelah pemain nomor dua dunia Peter Gade harus istirahat menyusul migrain yang membuatnya dibawa ke rumah sakit usai pertandingan melawan Korea, Selasa (12/5).

Pasangan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong membuat Malaysia unggul 2-1 ketika mereka menundukkan Lars Paaske/Jonas Rasmussen 21-9, 21-14, dan Wong Mew Choo memastikan kemenangan Malaysia dengan mengalahkan Nana Brosolat Jensen 21-8, 21-11.

Meski timnya sudah kalah, ganda putri Denmark Kamilla Rytter Juhl/Lena Frier Kristiansen berjuang untuk memperkecil kekalahan Denmark dengan menundukkan Chin Eei Hui/Wong Pei Tty 21-11, 16-21, 21-11.

Sebelum berangkat ke Guangzhou, Denmark sudah kehilangan satu pemain andalannya, Tine Rasmussen yang mengalami cedera kaki.

"Ganda campuran memang tampil sebaik yang kami perkirakan karena sangat kuat dan sudah diperkirakan akan menang," kata manajer tim Denmark Finn Traerup Hansen.

Namun, tambahnya, ganda putra Denmark kesulitan menghadapi pasangan Malaysia yang sangat bagus, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, kata Hansen yang menyesalkan timnya yang kehilangan Tine Rasmussen dan Peter Gade.

Soal penampilan Jan O Jorgensen yang kalah dari Lee Chong Wei, Hansen memandang itu sebagai pengalaman bagi pemain berusia 21 tahun tersebut yang merupakan salah satu pemain Denmark yang sedang berkembang.


Capai target

Sementara itu manajer tim Malaysia Majol Mahap mengaku gembira karena timnya berhasil mencapai target semifinal yang sudah mereka tetapkan sejak sebelum berangkat ke Guangzhou.

"Sebelum meninggalkan Malaysia untuk mengikuti turnamen ini, kami memasang target setidaknya mencapai semifinal, dan kami meraihnya hari ini,"kata Hamap yang semula berharap mendapat poin dari dua tunggal dan salah satu ganda.

Sementara pelatih ganda Malaysia Rexy Mainaky mengaku terkejut dengan susunan pemain Malaysia yang tidak menurunkan pasangan Mathias Boe/Carsten Mogensen pada ganda putra melainkan Lars Paaske/Jonas Rasmussen yang selama turnamen berlangsung belum pernah tampil.

"Itu menguntungkan kami,"kata Rexy seraya menambahkan, untuk menghadapi China di semifinal, mereka mengharapkan keberhasilan dua pemain tunggal dan ganda putra.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009