Penumpang KA di Surabaya turun signifikan akibat pembatasan kapasitas

Penumpang KA di Surabaya turun signifikan akibat pembatasan kapasitas

Pemeriksaan kesehatan kepada penumpang yang hendak naik KA di stasiun Gubeng Surabaya. ANTARA/HO PT KAI Daop 8 Surabaya/am.

Surabaya (ANTARA) - Jumlah penumpang kereta api (KA) di beberapa stasiun wilayah Daop 8 Surabaya turun signifikan, akibat pembatasan kapasitas kereta dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto di Surabaya, Rabu mengatakan,  pada tanggal 1 Maret 2020, jumlah penumpang yang naik di stasiun wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya mencapai 40.148 orang dan jumlah penumpang yang turun mencapai 40.662 orang.

Namun pada tanggal 7 April 2020 turun dratis, yakni untuk jumlah penumpang yang naik sebanyak 5.323 orang, dan yang turun 6.213 orang.

Dia menyatakan, kapasitas angkut penumpang KA, baik lokal maupun jarak menengah/jauh diturunkan, masing-masing untuk KA lokal daya okupansi maksimalnya dikurangi dari 150 persen, dan kini menjadi 50 persen.

Sementara untuk kereta api jarak jauh dan menengah daya kapasitas maksimumnya dikurangi dari kapasitas 100 persen menjadi 50 persen.

Suprapto memprediksi penurunan itu masih akan terus terjadi, karena PT KAI Daop 8 Surabaya masih membuka layanan bagi masyarakat yang ingin membatalkan perjalanannya akibat COVID-19.

Sebab, PT KAI telah memperpanjang kebijakan pengembalian 100 persen untuk pembatalan tiket kereta api, hingga keberangkatan 4 Juni 2020, dari semula hanya sampai 29 Mei 2020.

Oleh karena itu, kata dia, bagi penumpang dapat membatalkan tiket melalui aplikasi KAI Access atau di loket stasiun yang melayani pembatalan, yang meliputi Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Pasar Turi, Stasiun Malang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Sidoarjo dan Stasiun Bojonegoro.

"Saat ini jumlah tiket yang dibatalkan di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya dari periode 1 April sampai 7 April 2020 mencapai 10.079 tiket," katanya.

Sementara itu, stasiun yang berada di wilayah Daop 8 Surabaya meliputi Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Surabaya Kota/Semut, Surabaya Wonokromo, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Malang dan Stasiun Lamongan.


Baca juga: Daop Surabaya turunkan daya angkut penumpang kereta api
Baca juga: Okupansi penumpang KA di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto turun
Baca juga: 1.698 penumpang kereta api Sumut batalkan pesanan tiket
Baca juga: Pembatalan perjalanan KA di Daop 4 melonjak signifikan


Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar