New Delhi (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Dengan dukungan Ketua Kongres, Sonia Gandhi, Perdana Menteri India, Manmohan Singh, Ahad mengundang semua partai politik untuk mendukung pemerintah baru yang akan dibentuk beberapa hari mendatang.

"Saya mengundang semua partai politik untuk mendukung pemerintah sekuler ini. Kita harus bekerja sama," kata Manmohan Singh, setelah bertemu dengan pimpinan Kongres di kediaman Sonia Gandhi.

Kongres dan Aliansi Persatuan Progresifnya meraih kemenangan besar dalam pemilu di India, dengan menghimpun lebih dari 260 dari 543 kursi parlemen.

"Saya menyerukan semua partai politik untuk melupakan perselisihan mereka yang lalu, dan membantu membentuk satu pemerintahan sekuler. Kita harus bersikap sebagai satu negara," katanya.

Manmohan mengatakan, "Kita bertanggung jawab kepada rakyat India untuk memberikan pemerintah yang stabil dan sekuler, serta kita akan memenuhi hal itu."

Dia berterima kasih kepada negara atas terpilihnya partainya untuk berkuasa lagi.

"Saya ingin menyatakan terima kasih kepada rakyat, atas kesetiaan mereka kepada Partai Kongres. Terutama, rakyat India yang mengetahui mana yang bagus bagi mereka, dan mereka selalu memilihnya," ujarnya.

"Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih kepada pemilih ... kami telah membuat janji yang pasti dalam manifesto Program Minimum Bersama (CMP), dan kami akan bekerja keras untuk melaksanakan janji-janji ini," kata perdana menteri.

Dia juga mengatakan, "Saya yakin bahwa rakyat menghargai kenyataan bahwa kami bisa bekerja keras."

Mengenai munculnya bintang partai Kongres, Rahul Gandhi, yang dinilai mempunyai prospek cerah setelah pemilihan, dia mengatakan, "Saya akan berusaha untuk membawanya ke kabinet. Saya akan berbicara dengannya."

Sebelumnya, Ketua Kongres, Sonia Gandhi, juga menyatakan terima kasih kepada rakyat untuk kepercayaan dan kesetiaannya kepada partai.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009