Polisi razia pengendara yang tidak pakai masker di Tasikmalaya

Polisi razia pengendara yang tidak pakai masker di Tasikmalaya

Polisi menertibkan sejumlah pengendara sepeda motor yang tidak memakai masker di pusat Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (9/4/2020). (ANTARA/HO Pokja Polresta Tasikmalaya)

Tasikmalaya (ANTARA) - Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota merazia pengendara sepeda motor yang tidak memakai masker di wilayah perkotaan Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di kota itu.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya Kota AKP Ajat Sudrajat mengatakan jajarannya diterjunkan ke jalanan wilayah kota untuk menertibkan dan menyarankan agar pengendara memakai masker saat di jalanan.

"Kami melakukan razia ini hanya memberikan pelayanan dengan memberikan edukasi untuk sama-sama memutus rantai COVID-19 dengan cara sadar menggunakan masker," kata Ajat.

Baca juga: Dishub Jabar terapkan protokol kesehatan untuk transportasi publik

Ia menuturkan, sejumlah personel dari Satuan Lalu Lintas diterjunkan di Taman Kota Tasikmalaya dengan sistem operasi seperti menggelar razia kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas.

Pengendara yang terlihat tidak memakai masker, kata dia, langsung diberhentikan, kemudian diberi arahan tentang manfaat menggunakan masker dalam kondisi darurat wabah COVID-19 di Tasikmalaya.

"Kami mengingatkan masyarakat dalam menyikapi situasi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, karena itu kami mengedukasi agar masyarakat pakai masker," katanya.

Baca juga: Gubernur Jabar keluarkan instruksi baru kepada bupati/wali kota

Ia menambahkan, selain menggelar operasi khusus di satu lokasi, sejumlah personel juga melakukan patroli menyusuri sejumlah ruas jalan kota untuk mengingatkan seluruh pengendara sepeda motor agar memakai masker.

Selain itu, lanjut dia, jajarannya juga menyiapkan seribu masker untuk dibagikan kepada masyarakat khususnya pengguna jalan yang tidak memiliki masker.

"Sasarannya adalah masyarakat yang tidak memakai masker, baik pengendara, pejalan kaki maupun pedagang. Mereka yang belum sadar pakai masker kita bagikan masker," katanya.

Baca juga: Jabar bentuk forum perguruan tinggi percepat penanggulangan COVID-19

Dalam operasi itu, kata dia, terdapat sejumlah pengendara sepeda motor yang mengabaikan kesehatannya dengan tidak memakai masker sebagai alat pelindung diri dari penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman telah beberapa kali mengingatkan masyarakat melalui berbagai kegiatan agar tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat, tidak keluar rumah, menjaga jarak, dan selalu memakai masker di luar rumah.

"Sekarang pakai masker itu wajib, ayo kita sama-sama ikuti anjuran pemerintah," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polisi ungkap pengedar narkoba di kalangan pelajar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar