Bandung (ANTARA News) - Tuan rumah Persib "Maung Bandung" kalahkan Persiwa Wamena 2-0 (1-0) pada lanjutan Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2009 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Rabu malam.

Gol kemenangan Persib Bandung dicetak striker Hilton Moriera menit kelima dan digenapkan oleh Christian Gonzales menit ke-72.

Bagi Gonzales, gol tersebut merupakan gol ke-22 musim ini sekaligus menjaga peluangnya untuk menjadi top skorer LSI 2009. Saat ini mantan striker Persik itu bersaing ketat dengan Boas Salosa (22, Persipura) dan Ngon A Zam (21, Sriwijaya FC).

Dengan kemenangan itu Persib naik ke peringkat ketiga Klasemen Sementara Liga Super Indonesia 2009 dengan nilai 57. Sekaligus kian mendekati target Maung Bandung meraih posisi "runner up" Kompetisi LSI 2009.

Persib menggeser pesaingnya Sriwijaya FC yang sebelumnya bertengger di peringkat ketiga. Persiwa sendiri untuk sementara masih bertahan di peringkat kedua dengan nilai 60.

Selain itu, keunggulan atas Persiwa yang saat ini bertengger di peringkat kedua klasemen sementara LSI itu, menunjukan semangat bertanding Maung Bandung tak surut oleh kekalahan 1-2 atas Persik Kediri

Setelah perburuan gelar juara dipastikan tertutup oleh kedigdayaan Persipura, kini Persib mengejar target runner up LSI 2009. Pesaingnya saat ini Persiwa, Sriwijaya dan Persija.

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Oleh Hadi dari Tangerang itu berlangsung dalam tempo cepat. Duel lini tengah kedua tim yang dimotori Eka Ramdani (Persib) dan Erick Weeks (Persiwa) berlangsung ketat dan terjadi jual beli serangan yang menguras emosi sekitar 25.000 bobotoh.

Ketinggalan gol cepat Hilton Moriera menit ke-5, membuat kubu Persiwa terus menekan melalui strikernya yang eks punggawa Persib, Reduane Barkoui. Namun trio Maman, Nyeck dan Nova cukup kokoh mengawal lini tertahanan Maung Bandung.

Sebaliknya, duet striker Persib, Christian Gonzales dan Hilton dikawal ketat Tarikh Chaouis dan Yesaya Desman.

Memasuki babak kedua, Persib memasukan wing back Siswanto mengganti Atep yang cedera. Sedangkan Pelatih Persiwa, Suharno memasukan Pieter Rumaropen dan Yohanis Kabagaimu.

Menit 61, Persiwa nyaris membobol gawang Persib yang dikawal Tema Mursadat memanfaatkan bola muntah, namun tembakan Boakai melenceng semeter kanan gawang tim Bandung.

Serangkaian serangan berbahaya Persiwa yang gagal membuahkan gol, membuat pelatih Suharno tak bisa diam. Hampir sepanjang babak kedua pelatih asal malang itu berdiri memberi instruksi kepada para pemainnya.

Mendapat serangan bertubi, Persib memasukan gelandang bertahan yang juga gelandang Timnas, Hariono. Selang dua menit, Gonzales memperbesar kemenangan Persib menjadi 2-0 melalui golnya pada menit ke-72.

Hingga pluit panjang dibunyikan kedudukan tetap 0-2 untuk keunggulan tuan rumah Persib.

Wasit Oleh Hadi memberikan kartu kuning untuk Tarikh Chaouis (Persiwa).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009