Palembang (ANTARA News) - Sriwijaya FC (SFC) berhasil memenuhi ambisi membungkam Shandong Luneng China 4-2, pada penyisihan grup F Liga Champions Asia di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel), Rabu (20/5) malam.

Gol kemenangan Sriwijaya dalam pertandingan bergengsi ini dicetak oleh Keith Gumb pada menit 52, Zah Rahan menit 72 dan 79, dan M Nasuha pada menit ke-86. Shandong Luneng sebelumnya sempat unggul melalui gol dari Hang Peng pada menit 41 dan Gao Di pada menit ke-42.

Sejak menit-menit awal SFC menerapkan strategi menyerang, namun diimbangi Shandong Luneng dengan tampil cenderung bertahan dan memanfaatkan serangan balik.

Berawal kelengahan barisan pertahanan yang ikut membantu serangan, sehingga membuat gawang SFC kebobolan di menit ke 41.

Striker Shandong, Hang Peng berhasil melesakkan tendangan ke gawang, setelah lepas dari penjagaan pemain belakang, sehingga kedudukan berubah menjadi 1-0.

Belum sempat mengembalikan irama permainan, berselang satu menit kembali gawang SFC kebobolan.

Gao Di, striker Shandong yang berhasil menggandakan skor menjadi 2-0, setelah memenangkan adu duel dengan kiper SFC di areal kotak penalti.

Kedudukan ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, SFC menaikkan tempo permainan, dengan terus menyerang.

Pada menit ke 52, Keith Kayamba Gumb, kapten SFC berhasil membobol gawang Shandong setelah lepas dari perangkap offside.

Kedudukan berubah memperkecil kekalahan SFC menjadi 1-2.

Pada menit ke 72, SFC menyamakan kedudukan melalui tendangan Zah Rahan yang memanfaatkan umpan tarik Kayamba Gumb. Skor berubah menjadi 2-2.

Pada menit ke-79, kembali Zah Rahan menambah keunggulan menjadi 3-2. Keunggulan ini disempurnakan oleh M Nasuha di menit 86 menjadi 4-2.

Sejak awal sebelum bertanding pelatih SFC, Rahmad Darmawan bertekad memenangkan pertandingan di kandang sendiri bagi kesebelasan "laskar Wong Kito" kebanggaan masyarakat Sumsel ini, kendati tidak mempengaruhi posisi kesebelasan wakil Indonesia yang dipastikan tersisih dari Liga Asia itu.

Tekad itu diwujudkan oleh pelatih asal Metro, Lampung yang pernah berhasil membawa SFC meraih gelar ganda pada musim kompetisi lalu.

Susunan pemain:
SFC: Ferry Rotinsulu (kiper), Toni Sucipto, M Nasuha (Syafruddin/88`), Ngon A Djam, Zah Rahan, Maully Lessy, Kayamba Gumb, Ambrizal, Cristian Warobay (Slamet Riyadi/60`), Alamsyah (Budi Sudarsono/58`).
Shandong Luneng: Li Lei Lei (kiper), Liu Jingdong, Wu Hao (Wang Cheng/85`), Cichero Alejandro, Wang Yongpo, Zivkovic Aleksandar, Hang Peng, Gao Di (Xia Ning Ning/63`), Yuan Weiwei, Li Wei (Liu Zhao/58`), Jiao Zhe.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009