Bekasi (ANTARA News) - Satu mesin politik capres Susilo Bambang Yudhoyono dan pasangannya Boediono yang dinilai cukup sukses mengantarkan pasangan SBY/JK dalam Pilpres 2004 mulai menggeliat dalam memeriahkan kancah perebutan kursi RI1 periode lima tahun mendatang.

"Kita memiliki 600 ribu pendukung di seluruh Indonesia yang siap memenangkan SBY/Boediono sebagai presiden RI dalam pemilu capres 9 Juli mendatang. Pengurus dan kader Garansi cukup solid," kata Ketua Umum Gerakan Aman dan Sejahtera untuk Indonesia (Garansi) Radityo Gambiro di Bekasi, Jawa Barat, Kamis.

Garansi sebagai organisasi sayap dari demokrat namun bermaterikan pengurus dan kader lintas partai, etnis dan agama, kini tengah giat melakukan konsolidasi.

Garansi meraih simpati massa melalui pengurus dan kadernya dengan kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat, kegiatan sosial dan pendidikan politik.

Pasca terpilihnya SBY/JK dalam Pilpres 2004, organisasi tersebut gaungnya tidak terlalu nyaring. Namun menurut Radityo kegiatan-kegiatan sosial dan pemberdayaan ekonomi yang mereka lakukan tetap berjalan tanpa banyak publikasi.

Pada saat terjadi musibah dahsyat di Nanggroe Aceh Darussalam, pengurus dan kader Garansi diklaim Radityo telah memberikan bantuan selama empat bulan terus-menerus mulai tujuh hari terjadinya bencana pada Desember 2004.

Kegiatan pendataan korban dan kerusakan infrastruktur dan rumah penduduk dilakukan selama tiga bulan dan data mereka digunakan pemerintah dalam mengambil kebijakan.

"Kita bahkan memberikan jatah hidup sebesar Rp3.000/hari bagi setiap korban. Kegiatan tersebut tidak banyak publikasi," ujarnya.

Di beberapa daerah, pengurus dan kader Garansi juga mempelopori pengadaan mesin penyimpanan ikan (cold storage) bagi nelayan di Maluku serta bantuan bibit dan peningkatan keterampilan petani di Jawa.

Radityo mengatakan, kader Garansi tetap mendukung SBY meskipun pasangan sudah beda. Dalam melaksanakan kegiatan mereka mengaku tidak membebankan biaya kepada negara melainkan dari kontribusi pengurus dan kader.

Disinggung dukungan yang diberikan terhadap SBY dengan maksud bagi-bagi kekuasaan, Radityo menampiknya dan mengatakan, dirinya sudah sangat bersyukur dengan menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur yang akan dilantik pada Oktober 2009.

Ketua Garansi Kota Bekasi, Roni Hermawan, mengatakan, kegiatan organisasi sayap SBY itu akan paralel dengan program yang dilakukan DPP.

Untuk Kota Bekasi, pengurus Garansi akan mengupayakan menarik simpati warga dengan melakukan kegiatan ekonomi produktif.

Program yang akan dilaksanakan adalah dengan memberikan pinjaman kepada 25 peternak di Kelurahan Mustika Jaya Kota Bekasi untuk pengadaan sapi dengan bunga 5 persen per tahun.

"Kader Garansi juga akan menyosialisasikan program-program ekonomi pro rakyat yang telah dilaksanakan oleh pemerintahan SBY/JK, seperti KUR, PNPM dan lainnya," kata Sekretaris DPC Demokrat Kota Bekasi itu.  (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009