Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menargetkan meraih tujuh medali emas SEA Games di Laos Desember mendatang.

"Kami berambisi dapat merebut tujuh emas dan sebelas perunggu atau mempertahankan SEA Games 2007 di Thailand," kata Wakil Ketua Bidang Pembinaaan PB PASI Paulus Lay di Jakarta, Jumat.

Meski menargetkan tujuh emas, ia berharap para atlet atletik Indonesia dapat merebut lebih dari tujuh emas dari 45 nomor yang dipertandingkan pada cabang itu di Laos nanti.

Paulus menjelaskan, sebanyak 32 atlet dari berbagai nomor dipersiapkan masuk Pelatnas terpadu. Mereka yang termasuk dari program atlet andalan (PAL) 25 atlet, lima atlet belum mendapat rekomendasi dan dua atlet binaan KONI.

"Atlet PAL sebanyak 23 orang dan kita mengajukan tambahan tujuh atlet, tapi hanya dua pelari putri pada nomor sprint 100 meter yakni Indah Lisa W dan Serafi Unani yang sudah disetujui Kantor Menpora," katanya.

Dua atlet lainnya yang dipersiapkan untuk SEA Games yakni Fransiscus Xaverius (400 meter gawang putra) dan Risa Wijayanti (jalan cepat 20 km) masuk program pelatnas di bawah KONI.

Seleksi terhadap 32 atlet nasional itu akan dilakukan melalui kejurnas pada 29 Juli hingga 2 Agustus 2009. Mereka yang terbaik akan dipilih untuk mewakili Indonesia pada SEA Games Laos.

"Sebanyak 32 atlet diseleksi melalui kejurnas dan siapa yang terbaik akan dikirim ke Laos," kata Paulus yang juga menjabat Manajer PAL cabang atletik.

Menyinggung soal atlet yang berpeluang merebut medali emas, kata Paulus, antara lain Surya Agung Wibowo pada nomor sprint 100 m dan 200 m putra, dan Triyaningsih pada nomor lari 5.000 m dan 10.000 m putri.

Surya Agung Wiboro pada SEA Games 2007 lalu berhasil merebut emas pada nomor sprint itu.

"Saat seleksi nanti masih ada keluar-masuk sejumlah atlet yang terpilih atau terbaik untuk mewakili Indonesia," katanya.

PB PASI mengharapkan dalam seleksi kejurnas dapat muncul kejutan-kejutan dari atlet nasional untuk merebut tempat terbaik dan bisa mewakili Indonesia ke SEA Games Laos.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009