Polisi Jember patroli untuk pastikan tidak ada penimbunan bahan pokok

Polisi Jember patroli untuk pastikan tidak ada penimbunan bahan pokok

Kapolsek Tempurejo AKP Suhartanto (tengah) mengecek sejumlah toko yang menjual bahan pokok untuk mengantisipasi penimbunan dan aksi borong yang dilakukan warga selama pandemi COVID-19 (Foto ANTARA/ HO- Polsek Tempurejo)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Aparat Polsek Tempurejo, Jember, melakukan patroli untuk memastikan tidak ada penimbunan bahan pokok selama pandemi virus corona atau COVID-19.

"Kami rutin melakukan pengecekan di sejumlah toko bahan pokok di wilayah Kecamatan Tempurejo untuk mengantisipasi penimbunan saat wabah COVID-19," kata Kapolsek Tempurejo AKP Suhartanto saat dihubungi di Jember, Jawa Timur, Senin.

Menurut dia, patroli pengecekan bahan pokok dilakukan sebagai upaya mencegah aksi penimbunan di tengah kekhawatiran masyarakat akan wabah virus Corona dan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Operasi Pangan Gratis ACT Jember untuk warga terdampak COVID-19

"Monitoring untuk menjaga stabilitas bahan pokok dan mengantisipasi kepanikan masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok sudah dilakukan selama beberapa hari ini dan hasilnya tidak ditemukan adanya penimbunan," tuturnya.

Suhartanto juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk berada di rumah dan menerapkan protokol penanganan COVID-19 apabila terpaksa harus ke luar rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Sementara itu, anggota Polsek Sempolan juga melaksanakan patroli ke berbagai tempat perbelanjaan guna memastikan pasokan bahan pokok cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah setempat selama wabah virus corona.

Baca juga: Cara unik dan tegas Polres Jember mencegah penyebaran COVID-19

"Tidak hanya toko yang menjual bahan pokok, namun kami juga patroli di sejumlah apotek untuk memastikan bahwa tidak ada penimbunan masker yang memanfaatkan kepanikan warga d tengah pandemi COVID-19," kata anggota Polsek Sempolan Aiptu Yudi Tri.

"Sejauh ini harga bahan pokok terpantau stabil serta tidak ada aksi borong dan penimbunan yang dilakukan oleh warga maupun toko di tengah wabah COVID-19 dan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan," katanya.

Baca juga: Cegah COVID-19, Pemkab Jember batasi jam operasi pasar tradisional

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, apabila terpaksa keluar rumah, harus menggunakan masker dan tetap melakukan "social/physical distancing" untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kambing etawa untuk kebutuhan ibadah kurban

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar