Ternate (ANTARA News) - Enam partai politik di Maluku Utara --PAN, PKB, PBB, PPRN, PDK dan PPDI-- menyatakan mendukung pasangan Capres/Cawapres Jusuf Kalla-Wiranto, meskipun pengurus pusat keenam parpol berkoalisi  dengan Demokrat mengusung Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

Keenam parpol mendeklarasikan dukungan pada JK-WIN yang diusung koalisi Partai Golkar dan Partai Hanura ini, Sabtu malam tadi di Sekretariat DPD Golkar Malut di Ternate.

Sekretaris DPD Partai Golkar Maluku Utara Edi Langkara mengatakan keenam parpol memilih mendukung JK-WIN bukan karena ditekan, melainkan karena melihat JK-WIN adalah pasangan yang paling layak memimpin bangsa.

"Keenam parpol tersebut akan bergabung dengan Partai Golkar dan Hanura Malut untuk membentuk tim sukses mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota sampai desa untuk memenangkan pasangan JK-WIN," kata Edi.

Keenam parpol akan menggarap wilayah ini untuk memenangkan Jusuf Kalla-Wiranto, demikian Edi Langkara.

PBB misalnya, akan berkonsentrasi menggarap Kabupaten Halmahera Utara, karena perolehan suara PBB pada pemilu legislatif di daerah itu cukup signifikan, sementara PAN akan menggarap Kota Tidore Kepulauan karena alasan yang sama.

Sementara Ketua DPW PBB Malut Muhammad Albaar menyatakan partainya siap menerima sanksi dari DPP PBB terkait putusan mendukung pasangan JK-Win.

Sejumlah peguyuban masyarakat di Malut seperti Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Malut dan Kerukunan Keluarga Papua, Sangihe Talaud dan Sumatera di Malut juga telah menyatakan mendukung JK-WIN.

Mereka mendukung pasangan ini karena selain layak memimpin bangsa ini, juga mewakili nusantara dimana Kalla dari wilayah Timur Indonesia, dan Wiranto dari wilayah Barat. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009