Bekasi (ANTARA News) - Ribuan anggota masyarakat menghadiri acara Deklarasi pasangan Calon Presiden (Capres) Megawati Soekarnoputri dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/5).

Ketua Panitia Pelaksana lokal, Tumai, di Bekasi, mengatakan para hadirin adalah kader dan simpatisan PDIP dan Gerindra, serta sembilan partai pendukung di antaranya, Partai Karya Perjuangan, Partai Kedaulatan, Partai Buruh, Partai Merdeka, Partai Persatuan Nahdlatul Ummah (PPNU), Partai Syarikat Indonesia (PSI), Partai Indonesia Sejahtera (PIS), dan Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaen.

"Masyarakat yang hadir diluar perkiraan kami. Semula kami targetkan 10 ribu orang, tapi hingga pukul 11.00 WIB hadir lebih dari 20 ribu orang dari kader dan simpatisan serta partai pendukung dan masyarakat," kata Tumai.

Tumai mengatakan telah mendistribusikan ribuan surat undangan deklarasi Mega-Prabowo ke sejumlah perwakilan daerah.

"Dalam acara ini kami melibatkan ratusan pedagang makanan tradisional dan kaki lima yang selama ini termarjinalkan. Mereka bebas untuk berjualan di tenda hiburan rakyat," katanya

Susunan acara kegiatan deklarasi Mega-Prabowo, kata Tumai, dimulai pada pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Acara akan dibuka melalui lantunan musik rakyat yang dibawakan pengamen jalanan, doa oleh enam pemuka lintas agama, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan teks Pancasila, Pembacaan puisi "Karawang-Bekasi" berikut penyerahan bendera Merah Putih, dilanjutkan pidato Capres dan Cawapres, dan Prosesi deklarasi rakyat.

"Pembacaan puisi `Karawang-Bekasi` akan dibacakan WS Rendra, sementara penyanyi ternama Edo Kondologit akan membawakan lagu `Ibu Pertiwi," katanya.

Acara deklarasi Mega-Prabowo berlangsung di atas lahan zona tiga C Bantar Gebang seluas lebih kurang 1,5 hektare, dilengkapi satu panggung utama berukuran 40x10 meter dan dua panggung pendamping berukuran 20x5 meter berikut sistem pengeras suara. Panggung utama berhadapan dengan tenda raksasa yang memiliki kapasitas tampung 3000 orang dilengkapi 10 layar TV flat.

Ribuan spanduk dan bendera dukungan Mega-Prabowo terpampang di sepanjang jalan menuju ke TPA Bantar Gebang dari organisasi masyarakat, diantaranya Komando Bela Marhaen, Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) Kota Bekasi, Komando Bela Rakyat Indonesia, Taruna Merah Putih Kota Bekasi, Gerakan Ekonomi Rakyat Merah Putih, Pemuda Tani, Perhimpunan Masyarakat Muda (Persada), dan Perempuan Indonesia.

Di sebelah Timur panggung utama terdapat bendera merah putih raksasa berukuran 100x70 meter yang melambangkan Kota Bekasi sebagai kota Patriot serta ribuan balon berwarna merah putih.

Mayoritas pengunjung mengenakan seragam berwarna merah, hitam, dan kuning. Di depan pintu masuk menuju panggung utama semua pengunjung mendapat topi petani berwarna merah bertuliskan "Mega-Prabowo" dari panitia penyelenggara.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009