Penyesuaian operasional KRL tersebut untuk mengantisipasi kepadatan pengguna di kereta-kereta pemberangkatan terakhir khususnya tujuan Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Parungpanjang
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan penyesuaian jadwal keberangkatan kereta terakhir dari arah Jakarta menuju kawasan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) pada Selasa sore terkait kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta serta kebutuhan masyarakat yang masih bekerja di Ibu Kota.

"Penyesuaian operasional KRL tersebut untuk mengantisipasi kepadatan pengguna di kereta-kereta pemberangkatan terakhir khususnya tujuan Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Parungpanjang," kata Manager External Relations KCI Adli Hakim dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: KCI sebut penumpang menuju Jakarta semakin kondusif di PSBB hari ke-5

Baca juga: Antisipasi kepadatan, KCI operasikan lima kereta tambahan

Baca juga: Stasiun Manggarai kerahkan KRL tambahan angkut penumpang telantar


Adapun penyesuaian jadwal kereta menuju daerah- daerah Bodetabek adalah sebagai berikut:

Tujuan Bogor:
1. Keberangkatan Jakarta Kota, 18:20 WIB
2. Keberangkatan Jakarta Kota, 18:27 WIB
3. Keberangkatan Kampung Bandan, 18:21 WIB

Tujuan Bekasi:
1. Keberangkatan Jakarta Kota, 18:04 WIB

Tujuan Cikarang:
1. Keberangkatan Jakarta Kota, 18:35 WIB

Tujuan Rangkasbitung:
1. Keberangkatan Tanah Abang, 18:05 WIB

Tujuan Parung Panjang:
1. Keberangkatan Tanah Abang, 18:15 WIB
1. Keberangkatan Tanah Abang, 18:25 WIB

Tujuan Tangerang:
1. Keberangkatan Duri, 18:17 WIB

Adli pun mengatakan meski terjadi penyesuaian jadwal, masyarakat yang akan menuju Bodetabek dari Jakarta menggunakan layanan KCI harus sudah sampai pada pukul 18.00 WIB karena jam operasional gerbang 'tap in' mengikuti aturan PSBB DKI.

"Pengguna perlu memperhatikan bahwa sesuai aturan dalam PSBB, stasiun-stasiun di wilayah DKI Jakarta akan kami tutup pada pukul 18.00 WIB. Calon pengguna KRL diharapkan telah tiba di stasiun sebelum waktu tersebut dan naik ke kereta tujuannya yang masih memungkinkan untuk ada physical distancing diantara pengguna," kata Adli.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2020