jumlah pengguna yang keluar masuk tercatat ada 5.075 pengguna berkurang 1.157 pengguna dibanding hari kemarin
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyebutkan penumpang kereta rel listrik (KRL) menuju kawasan Jakarta semakin kondusif di hari kelima pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Di sejumlah stasiun pemberangkatan pagi ini seperti Stasiun Bogor, Cilebut, Bojong Gede, Depok, dan Bekasi suasana lebih kondusif, antrean juga lebih tertib dibandingkan hari kemarin. Hal ini karena pengguna sudah mengetahui pembatasan yang ada, dan PT KCI juga melakukan penyesuaian operasional untuk kereta-kereta pemberangkatan awal," kata Manager External Relations Adli Hakim, dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa.

Adli mengatakan beberapa rute yang sebelumnya memiliki jam operasional mulai pukul 06.00 WIB, diubah waktu pemberangkatannya lebih awal menjadi pukul 04.42 WIB.

Salah satu stasiun yang mengalami perubahan jam keberangkatan untuk kereta pertama itu adalah Stasiun Bogor.

Baca juga: Penumpang KRL padat, pengamat: Cabut izin usaha yang belum WFH

Selain perubahan jadwal keberangkatan, KCI juga mendapatkan pengamanan dari 74 orang anggota Brimob Polri untuk menjaga suasana di setiap stasiun tetap kondusif meski pada Senin (13/4) kemarin sempat padat karena penyesuaian aturan.

KCI juga melaporkan terjadi pengurangan massa yang menggunakan transportasi umum KRL miliknya, misalnya untuk Stasiun Bogor.

"Kondisi Stasiun Bogor hingga pukul 09.00 WIB pagi ini jumlah pengguna yang keluar masuk tercatat ada 5.075 pengguna berkurang 1.157 pengguna dibanding hari kemarin di jam yang sama yang mencapai 6.232 pengguna," kata Adli.

Adli berharap masyarakat yang menggunakan layanan KRL terus mematuhi aturan yang disarankan pemerintah baik pusat maupun daerah terkait kebijakan memutus penyebaran COVID-19 di transportasi umum.

Baca juga: Polda Metro catat 3.474 pelanggaran di hari pertama penindakan PSBB

"PT KCI tetap menghimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk selalu menjaga jarak physical distancing di dalam KRL. Selalu gunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah," kata Adli.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020