Kuningan, (ANTARA News) - Dua dari tujuh pendaki yang hilang sejak Sabtu (23/5) di Gunung Ceremai di Kuningan, Jawa Barat ditemukan Tim SAR Gabungan pada Senin sekitar pukul 11.00 WIB.

Fredi (27) warga Cirebon dan Widi (35) warga Bekasi ditemukan dalam keadaan kelelahan dan kehabisan bekal, kata Kabag TU Taman Nasional Gunung Cermai Unang Suarman didampingi Yudi Kusnadar dari LSM Alami kepada wartawan di Linggarjati, Kuningan, Senin siang.

Lima orang dari lagi yakni Iwan (35) Didi (28), Darso (36), Abdul Hatmi (33) dan Gembong (27) adalah warga Bekasi masih dalam pencarian.

Kondisi Fredi dan Widi ditemukan dalam keadaan lemas karena yang bersangkutan kehabisan bekal.

Kedua orang yang ditemukan dalam keadaan lemah di jalur pendakian sekitar Pesenggerahan dan Pelutungan kira-kira diatas 2000 meter di permukaan laut.

Kedua orang itu dievakuasi dengan menggunakan motor trail dan diperkirakan tiba di Linggarjati sekitar pukul 16.00 WIB.

Keduanya mengatakan bahwa mereka mencari bantuan sedangkan lima lainnya menunggu di lereng gunung arah pos pendakian Linggarjati.

Menurut Unang, kini tim SAR gabungan terdiri dari 11 orang dari Brimob Jabar, 3 orang dari Pos Pendakian Gunung Cermai, 8 orang dari Tagana dan 4 orang dari Tram Jakarta.

Keluarga para pendaki asal Bekasi, misalnya orang tua Gem bong sudah datang ke Linggarjati. "Daripada saya menunggu ketidak pastian dari Bekasi lebih baik saya datang langsung ke Linggarjati," kata Ny.Sugito (65) orang tua Gembong yang ikut dalam pendakian tersebut.

Menurut dia, anaknya tersebut adalah pengantin baru dan semasa kuliah di Semarang sudah biasa naik gunung.

"Anak saya itu sudah pernah naik gunung Merbabu dan gunung Sumbing. Sebenarnya ia sudah biasa naik gunung, " katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009