Sepak Bola Dunia

AFC perpanjang penundaan kompetisi gara-gara COVID-19

AFC perpanjang penundaan kompetisi gara-gara COVID-19

Dokumentasi: Pertandingan Grup D Piala AFC 2019 antara Iran dan Irak di Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, 16 Januari 2019. Piala AFC 2020 sudah ditunda bulan lalu karena virus corona baru yang sudah menginfeksi lebih dari 1,88 juta orang di seluruh dunia itu. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)

Jakarta (ANTARA) - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memperpanjang penundaan semua pertandingan dan kompetisi sepak bola yang semula sampai Mei-Juni, menjadi sampai waktu yang belum ditentukan akibat pandemi virus corona, kata badan pengelola sepak bola Asia itu seperti dikutip Reuters yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Liga Champions Asia, kompetisi elite sepak bola Asia, sudah sangat terpengaruh ketika jadwal fase grupnya berantakan sejak turnamen ini dimulai Februari silam.

Kompetisi Piala AFC juga sudah ditunda bulan lalu karena virus corona baru yang sudah menginfeksi lebih dari 1,88 juta orang di seluruh dunia yang 119.000 di antaranya meninggal dunia tersebut.

Baca juga: Piala AFC ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan

"Menyusul berlanjutnya langkah-langkah pencegahan dan pembatasan perjalanan yang diterapkan beberapa pemerintahan, maka AFC memutuskan untuk menangguhkan semua jadwal pertandingan dan kompetisi yang diadakan pada Mei dan Juni sampai pemberitahuan selanjutnya," kata AFC.

"AFC sudah memonitor dengan cermat pandemi COVID-19 dan sebelumnya sudah menunda pertandingan-pertandingannya pada Maret dan April setelah menggelar serangkaian pertemuan darurat di New Delhi, Doha, Dubai dan Kuala Lumpur."

"AFC juga akan terus terlibat dan berkonsultasi dengan asosiasi-asosiasi anggota yang berperan serta dalam kompetisi-kompetisi klub AFC dan akan mempelajari semua kemungkinan opsi untuk menuntaskan Liga Champions AFC 2020 dan fase grup Piala AFC."

Badan sepak bola dunia FIFA dan AFC sebelumnya sudah sepakat untuk menunda babak kualifikasi Piala Dunia zona Asia yang mestinya dimainkan Maret dan Juni.

Baca juga: AFC perpanjang tenggat waktu pendaftaran tuan rumah Piala Asia 2027
Baca juga: FIFA dan AFC sepakat tunda kualifikasi Piala Dunia zona Asia

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Saat pelatih timnas Kensuke Takahasi pantau bibit unggul di liga futsal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar