Tujuan utama untuk menentukan pola pengamanan terhadap perkembangan situasi terkait penyebaran COVID-19
Ambon (ANTARA) - Kepolisian Daerah Maluku (Polda Maluku) menggelar pelatihan Tactical Floor Game (TFG) Sispamkota untuk rencana Kontinjensi Aman Nusa I, II dan III Tahun 2020 di Aula Rupatama Mapolda Maluku, Rabu.

"Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolda Maluku Irjen Drs Baharudin Djafar, dan dihadiri Wakapolda Brigjen Teguh Sarwono, Irwasda Maluku, serta para pejabat utama Polda Maluku," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes M Roem Ohoirat, di Ambon, Rabu.
Baca juga: Polda Maluku Utara minta tunda mudik cegah penyebaran COVID-19


Selain itu, Kapolresta Pulau Ambon Pulau-Pulau Lease Kombes Leo Surya Nugraha Simatupang bersama jajarannya turut serta dalam latihan TGF Sispamkota tersebut.

Kapolda Maluku melalui Kepala Bidang Humas menjelaskan, Tactical Floor Game merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana sistem pengamanan kota Kontijensi Operasi Aman Nusa I, II dan III Tahun 2020 Polda Maluku

"Tentunya dengan kegiatan ini, berbagai langkah-langkah yang akan dilakukan dari rangkaian demi rangkaian skenario latihan sudah disesuaikan dengan urutan, waktu dan kebutuhan latihan," ujarnya.

Rangkaian pelatihan ini dilaksanakan bertujuan untuk menghindari terjadi kesalahan serta memiliki kemampuan mengantisipasi hambatan yang diperkirakan mungkin akan dihadapi pada saat pelaksanaan tugas di lapangan.

"Tujuan pelaksanaan kegiatan TFG ini, agar personel yang terlibat dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peranannya masing-masing, baik pada saat situasi aman maupun situasi kontijensi," ujar Kombes M Roem.
Baca juga: Oknum polisi bertugas di Polda Maluku tertangkap bawa sabu di Tarakan


Latihan ini juga memiliki tujuan utama untuk menentukan pola pengamanan terhadap perkembangan situasi terkait penyebaran COVID-19.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020