Ambon (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar latihan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), persiapan menghadapi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2023-2024.

"Hari ini kami lakukan latihan simulasi, yang nantinya dilaksanakan setelah apel gelar pasukan pada 17 Oktober 2023. Pelatihan ini dilakukan secara gabungan dan berulang untuk kesempurnaan pelaksanaan tugas nantinya," kata Kepala Polda Maluku, Inspektur Jenderal Polisi Lotharia Latif, di Ambon, Maluku, Kamis.

Simulasi Sispamkota yang dilakukan untuk menghadapi Pemilu serentak 2024, melibatkan aparat gabungan dari unsur TNI, Polri maupun Pemerintah Daerah dalam hal ini Satpol Pp Provinsi Maluku.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

Ia saat memantau jalannya pelatihan simulasi tersebut, juga turut memberikan koreksi, instruksi atau masukan untuk perkuatan pengamanan agar lebih baik.

Selain memantau jalannya latihan simulasi, dia juga melakukan memeriksa kesiapan peralatan yang akan digunakan. "Jadi semuanya harus betul-betul siap, baik perkuatan personel maupun peralatan yang nantinya akan digunakan," ujarnya.

Meski kesiapan personel gabungan telah dilakukan, namun dia sangat berharap pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan nanti dapat berjalan lancar, aman dan damai di Maluku.

Baca juga: Polda Kalimantan Utara siapkan pengamanan pemilu serentak 2024

"Kita tentu berharap Pemilu serentak nanti khususnya di Maluku dapat berjalan aman dan damai. Olehnya itu Saya mengajak seluruh elemen masyarakat mari bersama menjaga situasi yang kondusif,” ajaknya.

Ia juga berharap, Pemilu 2024 dapat disambut dengan gembira, walaupun berbeda pilihan, tetapi harus tetap satu.

Dalam pelatihan simulasi Sispamkota tersebut, juga beberapa peragaan pengamanan dilaksanakan oleh sejumlah satuan tugas (Satgas). Peragaan dilakukan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Baca juga: Polda Sumut gelar latihan Pra Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024

Dalam pengamanan Pemilu 2024, terdapat tujuh satgas. Di antaranya Satgas preemtif, Satgas preventif, Satgas penegakkan hukum, Satgas tindak, Satgas keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas, Satgas humas dan Satgas bantun operasi.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Ambon, Kamis (12/10/2023), itu dia  didampingi Wakil Kepala Polda Maluku, Brigadir Jenderal Polisi Stephen M Napiun, serta para pejabat Polda Maluku dan kepala Polresta Pulau Ambon.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023