Jakarta (ANTARA News) - Tiga pemain non pelatnas, Taufik Hidayat dan pasangan Flandy Limpele/Vita Marissa lolos kualifikasi Kejuaraan Dunia bulutangkis yang akan digelar di India 10-16 Agustus 2009.

Taufik, peringkat lima dunia, yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, memastikan akan ambil bagian dalam turnamen perorangan tersebut.

"Insya Allah saya berangkat," kata Taufik yang pada Kejuaraan Dunia 2007 (2008 tidak digelar karena bersamaan dengan Olimpiade) tersingkir pada babak 32 besar, kalah oleh pemain India Anup Sridhar.

Sebelum mengikuti Kejuaraan Dunia, Taufik akan ambil bagian dalam tiga turnamen, yakni Indonesia Terbuka Super Series (16-21 Juni), Malaysia Terbuka Grand Prix (23-38 Juni) dan AS Terbuka (7-12 Juli).

Sementara bagi pasangan Flandy/Vita yang juga sudah tidak menghuni Pelatnas Cipayung, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh mengatakan telah mendaftarkan mereka pada kejuaraan yang akan dilaksanakan di Hyderabad tersebut.

Pada Kejuaraan Dunia 2007, pasangan yang saat ini menduduki peringkat 50 dunia itu tersingkir di semifinal.

Sementara itu sejumlah pemain pelatnas yang lolos juga sudah didaftarkan di antaranya adalah dua pemain tunggal putra Sony Dwi Kuncoro dan Simon Santoso.

Dua tahun lalu, Sony keluar sebagai runner-up setelah pada final kalah dari pemain China Lin Dan, sementara Simon tersingkir pada babak 16 besar.

Juara bertahan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan juga didaftarkan untuk mempertahankan gelarnya didampingi dua ganda lainnya, Bona Septano/Mohammad Ahsan dan Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama.

Ganda campuran nomor satu dunia Nova Widianto/Liliyana Natsir juga terdaftar untuk mempertahankan gelar serta mengejar gelar juara dunia ketiga mereka setelah pertamakali meraihnya pada 2005.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009