Semarang (ANTARA News) - Kerispatih, band terkemuka yang beranggotakan lima personel tersebut mengaku tidak takut dicap sebagai band cengeng mengingat lagu-lagu hitsnya kebanyakan beraliran melankolis.

"Kami tidak akan merubah jalur musik, walaupun stigma band melankolis yang sering dianggap cengeng melekat," kata Doadibadai Hollo yang akrab disapa Badai, personel Kerispatih usai tampil di Mantra Cafe and Lounge Semarang, Kamis.

Menurut dia, setiap band pasti memiliki jalur musik khas yang dipilihnya, dan Keris Patih memang memilih untuk mengangkat lagu-lagu pop yang bertema melankolis.

"Musik melankolis adalah musik yang identik dengan irama menyayat hati, namun sebenarnya menggambarkan keagungan, kemegahan, dan mencerminkan kesan elegan," kata personel yang dipercaya memegang keyboard tersebut.

Terlebih lagi, kata dia, pasar musik di Indonesia cenderung menyukai jenis musik seperti itu, apalagi dengan nuansa pop yang terkesan "simple", namun Kerispatih tidak akan mengabaikan masalah kualitas bermusik. "Boleh `simple`, tetapi harus tetap berkualitas," tegasnya.

Ia mengatakan, inspirasi Kerispatih dalam menciptakan lagu, biasanya adalah permasalahan kehidupan berdasarkan kisah nyata yang dialami atau pengalaman para personel, serta sosok wanita.

"Sebab, sosok wanita bagi kami adalah sesuatu yang tidak akan pernah habis untuk dieksplorasi dalam bentuk positif dan dijadikan sebagai inspirasi untuk menciptakan lagu," katanya diamini para personel lainnya.

Disinggung tentang resep menjaga kekompakan di antara para personel, ia mengatakan, resepnya adalah adanya kesatuan pemikiran.

"Sebenarnya, kami berasal dari berbagai latar belakang aliran musik, misalnya Sammy yang lebih menyukai aliran `R and B`, saya sendiri lebih condong ke pop, sementara rekan-rekan lain memiliki aliran bermusik sendiri," katanya.

Akan tetapi, Kerispatih menganggap hal tersebut bukan sebagai permasalahan besar, namun merupakan keragaman yang harus dikelola dengan baik karena dapat memperkaya warna musik yang dihasilkan.

Ia mengatakan, mengelola sebuah band memang sangat sulit, apalagi jika memiliki para personel dengan beragam latar belakang aliran musik, berbeda dengan jalan untuk mencapai ketenaran.

"Bagi kami, Kerispatih bukan hanya sekedar band, lebih jauh Kerispatih merupakan sebuah keluarga yang memiliki satu pemikiran demi kemajuan bersama, itulah yang selama ini kami terapkan untuk menjaga kekompakan," katanya.

Sementara itu, vokalis Kerispatih, Sammy yang bernama lengkap Hendra Samuel Simorangkir menambahkan, saat ini Kerispatih sedang berkonsentrasi untuk menggarap album keempat. "Judulnya sebenarnya sudah ada, namun tunggu saja tanggal mainnya," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009