Jakarta (ANTARA News) - Tari Hip Hop Prancis akan menunjukkan kebolehanya dalam seni tari kontemporer dengan tambil di Jakarta pada 31 Mei dan 2 Juni 2009.

Humas Pusat Kebudayaan Prancis (Center Culturel Francais/CCF), Astri Retno Onengan, di Jakarta, Kamis, mengatakan, Tari Hip Hop mendapat sambutan hangat pada festival "Suresnes Cites Danse" serta penghargaan pada berbagai festival lainnya.

"Penghargaan itu yang membuat suatu inovasi segar dalam sejarah tari Hip Hop Prancis," katanya.

Menurut dia, karya yang dibawakan oleh lima penari ini memiliki koreografi yang sangat hip hop, melampaui segala batasan yang ada serta memadukan berbagai disiplin dengan sempurna.

Oleh karena itu, kata dia, dalam pertunjukan ini dapat ditemukan permainan sirkus, teater, pantomim, dan alunan musik akordeon.

Pertunjukan yang sarat kreativitas ini membuktikan bahwa Tari Hip Hop dapat menjadi penghubung antara jalanan dan seni tari, antara naluri dan peraturan, antara break-dance, tari kontemporer dan akrobasi.

Berikut penggalan cerita dalam Tari Hip Hop yakni antara kemurnian panggung tari dan permainan sandiwara penuh energi keras, manusia ini berjuang agar tidak menjadi boneka dalam kehidupan mereka sendiri.

Pada saat yang sama sebuah akordeon menghilangkan jejak kesedihan dan menceritakan kisah rakyat Prancis melalui sebuah tari hip hop yang merupakan bagian seutuhnya dari sejarah Prancis.(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009