Padang (ANTARA) - Dua pasien positif COVID-19 di Sumatera Barat dinyatakan sembuh berdasarkan hasil dua kali uji sampel di laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, sehingga total pasien yang berhasil pulih (sembuh) dari penyakit akibat virus itu hingga Kamis (16/4) menjadi 10 orang.

“Dua orang yang dinyatakan sembuh merupakan pasien RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi. Wanita 28 tahun dan seorang laki-laki 42 tahun,” kata Juru Bicara COVID-19 Sumbar Jasman di Padang, Kamis.

Baca juga: Perantau tidak mau isolasi di Sumatera Barat akan dijemput paksa

Selain itu, dari lebih dari 120 sampel yang diuji di laboratorium hari ini, seluruh hasilnya negatif sehingga data jumlah pasien positif COVID-19 di Sumbar hari ini masih sama dengan jumlah kemarin, yaitu 55 orang.

Namun, dari jumlah itu ada satu pasien laki-laki positif COVID-19 yang meninggal hari ini. Pasien asal Pasaman Barat itu telah lima hari dirawat di RSUP M.Djamil Padang.

"Kita ikut berduka karena ada satu pasien yang meninggal hari ini. Jenazah dibawa ke kampung halamannya dan dimakamkan dengan SOP pasien positif COVID-19," ujarnya.

Sementara itu, data hingga hari ini (Kamis, 16/4) dari 55 pasien positif terinfeksi COVID-19 di Sumbar 10 orang dinyatakan sembuh, 5 orang meninggal dunia, 18 orang dirawat dan 22 orang isolasi mandiri di rumah di bawah pengawasan ketat tim kesehatan.

Baca juga: Satu lagi pasien positif COVID-19 di Sumbar sembuh

Baca juga: Positif COVID-19, pasien di Pasaman Barat dievakuasi ke RS Unand


Sementara itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 6.099 orang, dalam proses pemantauan 792 orang dan selesai dipantau 5.307 orang.

Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 194 orang. Dari 194 PDP tersebut, 39 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan, menunggu hasil laboratorium 132 orang dan isolasi diri di rumah 23 orang.

Sementara informasi orang masuk ke Sumbar dari sembilan pintu masuk darat dan udara dari 31 Maret sampai 16 April 2020, tercatat sekitar 80 ribu orang atau rata-rata 4.861 orang per hari.

Mereka diwajibkan untuk isolasi mandiri selama 14 hari guna memastikan tidak berada dalam kondisi terinfeksi virus Corona.

Baca juga: Pasien sembuh: Dukungan moral bantu pasien COVID-19 lebih cepat sembuh

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020