Jakarta (ANTARA News) - Peringatan hari lahir Presiden I RI Soekarno ke-108 yang akan dilaksanakan Sabtu (6/6) di Tugu Proklamasi Rengasdengklok, Karawang, Jabar, akan menghadirkan capres Megawati Soekarno Purti serta cawapres Prabowo bersama sekitar 100 ribu massa.

Direktur Pro-Mega Centre Pusat, Muhtar Muhammad di Jakarta, Rabu mengatakan, acara tersebut rencananya akan dihadiri sekitar 100 ribu massa dari berbagai daerah di Jawa Barat, Jabodetabek dan Banten. Selain warga biasa, acara tersebut juga akan dihadiri ribuan kaum buruh, petani, nelayan dan pedagang yang akan memadati lapanga Rengasdengklok, Karawang.

"Tema yang diusung tahun ini "Saatnya Rakyat Bicara". Nuansanya lebih kepada atribut merah putih tidak berbau atribut parpol," katanya.

Ia mengatakan, peringatan harlah Soekarno tahun ini sengaja memilih Tugu Proklamasi Rengasdengklok Karawang, Jawa Barat mengingat nilai sejarah Rengasdengklok sebagai lokasi dikumandangkannya proklamasi oleh Soekarno dan Hatta dan pertama kali merah putih berkibar 16 Agustus 1945.

Pada acara terabut selain Capres Megawati dan Cawapres Prabowo Subianto, juga akan dihadiri putra proklamator RI, Guruh Soekarno Putra dan putri Proklamator, Halida Hatta serta dimeriahkan "The Rock Indonesia" dengan pentolannya Ahmad Dhani.

"Rencananya warga yang datang akan mengenakan pakaian ala Soekarno," katanya.

Acara tersebut, juga akan diisi dengan orasi para buruh berupa "Buruh Bicara" dengan menuntut dihapukannya sisitem kerja "outsourching" dan menuntut tanggal 1 Mei libur nasional dan semangat ingin mengembalikan UUD 1945.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009