Bangkok (ANTARA News/Reuters) - Jepang dan Australia Sabtu ini berpeluang menjadi negara pertama yang memastikan tempat di putaran final Piala Dunia 2010, namun mereka harus dapat mengalahkan tim-tim yang juga sedang berjuang mempertahankan peluang menuju Afrika Selatan.

Jepang akan jadi tim pertama ke Afsel jika menang atas tuan rumah Uzbekistan di Tashkent. Uzbekistan sendirI berusaha agar setidaknya masih bisa mendapatkan tiket melalui babak playoff.

"Kami punya tim yang bagus, pemain-pemain yang hebat dan saya tidak merasa kami lebih lemah dari Jepang," kata pemain terbaik Asia dari Uzbekistan Server Djeparov, yang timnya kini berada pada urutan keempat grup 1 zona Asia.

Sementara itu pelatih Jepang Takeshi Okada, yang timnya di urutan kedua dengan 11 poin dan menyisakan tiga pertandingan, mengakui bahwa Sabtu nanti ia perlu tim terbaik melawan tim dengan produktivitas gol tinggi dan baru kembali menemukan performa terbaiknya.

"Kami perlu menyegarkan pikiran kami untuk menghadapi Uzbekistan dan pulang dengan kemenangan," kata Okada. "Saya tahu tim saya, jadi tidak ada rahasia, tidak ada kejutan. Pertandingan nanti tidak akan mudah, tapi kami siap."

Sementara itu Australia, yang belum terkalahkan dalam putaran akhir babak kualifikasi zona Asia, akan lolos ke putaran final Piala Dunia yang ketiga kalinya jika bisa merebut satu poin melawan Qatar, yang sedang bersaing dengan Uzbekistan untuk posisi ketiga.

Tim "Socceroos" Australia kini di peringkat pertama klasemen dengan 13 poin dari lima kali tampil. Mereka berpeluang besar lolos ke putaran final Piala Dunia melalui zona Asia untuk pertama kalinya.

Di grup 2, pimpinan klasemen Korea Selatan akan melawat ke Dubai untuk melawan Uni Emirat Arab yang sudah tersisih. Korsel didukung oleh tujuh pemain yang berbasis di klub-klub Eropa.

Semifinalis Piala Dunia 2002 itu kini mengantongi 11 poin, satu poin di atas Korut yang akan menjamu Iran.

Iran memerlukan kemenangan agar setidaknya bisa aman di peringkat ketiga sehingga punya kesempatan lolos ke Afsel melalui playoff.

"Kami datang kesini (Dubai) untuk lolos ke putaran final, kami perlu memastikannya sesegara mungkin. Saya berharap kami dapat menang," kata pemain tengah Korsel Pari Ji-sung, striker Manchester United yang pekan lalu menjadi pemain Asia pertama tampil di final Liga Champions.

Iran, peringkat empat dengan enam poin, harus berjuang keras agar tidak tersisih. Namun pelatih barunya, Afshin Ghotbi masih yakin mereka dalam lolos ke putaran final Piala Dunia untuk keempat kalinya.

Ghotbi merupakan pelatih Iran ketiga sejak tim itu kalah dari Arab Saudi 1-2 28 Maret lalu -- satu-satunya kekalahan dari 10 pertandingan babak kualifikasi.

"Kami punya kekuatan untuk menghadapi tim Asia manapun dan mengalahkannya. Jika kami tetap main dengan bagus, kami akan dapat mencetak gol," katanya.

Dua tim teratas masing-masing grup akan lolos ke Afrika Selatan, sedangkan peringkat tiga akan saling berhadapan dan pemenangnya diadu lagi dengan juara zona Oceania, Selandia Baru untuk satu tiket lagi.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009