Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak tahun 2005 secara rutin bersepeda untuk mengampanyekan hidup sehat.

"Bukan sekali ini saja saya naik sepeda, sudah sejak lama sejak 2005, jadi bersepeda bukan karena pemilihan presiden," kelakar Yudhoyono saat memberikan sambutan pada peringatan hari lingkungan hidup di Silang Monas Jakarta, Minggu pagi.

Presiden Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan keluarga, Minggu pagi itu bersepeda dari Parkir Timur Senayan menuju Silang Monas berjarak delapan kilometer.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara peringatan hari lingkungan hidup yang diperingati setiap 6 Juni.

Pada kesempatan itu Kepala Negara mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor demi pengurangan emisi gas buang.

"Sepertinya hanya mengurangi satu hingga dua hari penggunaan kendaraan bermotor, namun bila dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia maka akan memberikan manfaat yang berarti," katanya.

Kepala Negara mengatakan masyarakat hendaknya tidak selalu berorientasi pada penggunaan kendaraan bermotor untuk segala aktivitas.

"Mari kita terus hemat dalam menggunakan energi. Jangan sedikit-sedikit naik motor atau mobil," tegasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Mendagri Mardiyanto, Menbudpar Jero Wacik dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Presiden berangkat dari Parkir Timur Senayan pukul 07:00 WIB dan tiba di Monas sekitar pukul 07:45 WIB.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009