Reykjavik (ANTARA News/Reuters) - Dua gol awal Belanda membawa tim itu menang 2-1 melawan Eslandia, Sabtu, dan sekaligus memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Afrika Selatan.

Belanda naik ke posisi teratas klasemen Grup Sembilan dengan mengumpulkan 18 poin setelah enam pertandingan, unggul 11 poin dari posisi kedua Skotlandia dan Belanda menjadi tim Eropa pertama yang meraih tempat di putaran final tersebut.

Pemain tengah Nigel de Jong membuka keunggulan awal bagi Belanda setelah menit kedelapan menyusul umpan silang yang diberikan Rafael van der Vaart.

Mark van Bommel menambah gol pada tujuh menit kemudian melalui tembakan keras dari luar kotak penalti.

Kristjan Sigurdsson memperkecil ketinggalan bagi Eslandia dua menit menjelang bubaran pertandingan melalui sundulan kepala.

"Lolos kualifikasi Piala Dunia enam kali secara langsung pantas mendapat pujian," kata pelatih Belanda Bert van Marwijk.

"Target saya lolos kualifikasi sekarang sudah kami dapat melalui persiapan satu tahun, tapi kami tetap ingin memenangi dua pertandingan terakhir kami," tambahnya.

"Saya senang dengan permainan babak pertama kami tapi kurang puas dengan hilangnya beberapa peluang mencetak gol, paling tidak kami bisa menang empat hingga lima gol," kata Van Marwijk.

"Apa yang telah kami tunjukkan sekarang juga akan kami lakukan saat melawan musuh-musuh yang kuat karena Islandia yang menjadi lawan kami sekarang adalah lawan terlemah di grup," tambahnya.

Pada pertandingan selanjutnya, Belanda akan menjamu Norwegia pada Rabu di Rotterdam dan bertemu Skotlandia di luar kandang pada 9 September.

Tim pemenang Grup langsung lolos ke putaranfinal, sedang delapan runners-up dari masing-masing sembilan grup harus melakukan playoff. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009