Jayapura,(ANTARA News) - Menkopolhukam Laksamana TNI Pur Widodo AS, beserta pejabat tinggi di lingkungan Polhukam, Senin siang mengunjungi Jayapura, Papua.

Para pejabat yang mendampingi Menkopolhukam antara lain Mendagri Mardiyanto, Panglima TNI Jenderal TNI Sjoko Santoso dan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri.

Selama kunjungannya di Jayapura, para pejabat dijadwalkan melakukan serangkaian pertemuan antara lain dengan Gubernur Papua dan Papua Barat, Ketua MRP. Ketua DPRD Papua dan Papua Barat, Ketua KPU Papua dan Papua Barat, Ketua Panwaslu Papua dan Papua Barat serta Bupati dan Walikota di kedua propinsi bertempat di Gedung Negara Dok V Jayapura.

Keesokan harinya, Selasa (9/6) Menkopolhukam dan rombongan kembali melakukan pertemuan baik di Polda Papua maupun di Kodam XVII Cenderawasih.

Khusus di Polda Papua, Menkopolhukam dan rombongan juga akan melakukan pertemuan dengan Pangdam XVII Cenderawasih, Kapolda Papua, Bupati Sarmi dan Pejabat Bupati Mamberamo Raya sehubungan kasus "Kapeso".

Kapolda Papua Irjen Pol Bagus Eko Danto ketika dihubungi ANTARA, mengakui, perkembangan kasus "Kapeso" masih menunggu perintah dari Kapolri walaupun saat ini aparat keamanan dari Brimob sudah berada disekitar kawasan itu.

"Dari laporan yang saya terima terungkap anggota OPM pimpinan Decky Imbiri sudah meninggalkan kawasan itu dan masuk ke hutan," jelas Kapoda Papua.

OPM sebelumnya berhasil menguasai lapangan terbang (lapter) Kapeso dan gereja, namun sejak Rabu (3/6) gereja sudah dapat dikuasai.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009