Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Cornelius Romo Wijoyo mengatakan pasangan Capres dan Cawapres Mega-Pro telah berjanji padanya untuk menindak keras kelompok agama tertentu yang suka melakukan pengrusakan terhadap sarana peribadatan.

"Saya rasa itu bagus, apalagi ada jaminan kebebasan beragama dan kerukunan antar umat beragama," kata Cornelius usai menghadiri pertemuan bersama dengan Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) di Graha Bethel, Jakarta, Senin.

Dia menyatakan Indonesia adalah negara demokrasi yang mengagungkan kebebasan beragama, sesuai dengan UUD 1945 pasal 29 yang menyebutkan negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu.

Selain itu, kata dia, Prabowo juga berpegang teguh terhadap prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terutama dengan pemberlakuan Pancasila sebagai dasar negara secara konsekuen.

"Tidak ada lagi separatis-separatis, baik separatis metodologi maupun teritorial," ujarnya.

Prabowo juga berjanji untuk bertindak persuasif terhadap kelompok-kelompok anarkis yang tindakannya selama ini meresahkan banyak masyarakat. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009