Intinya tidak ada (sekolah) yang nolak
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 11 sekolah berasal dari jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah atas di wilayah Jakarta Selatan disiapkan sebagai fasilitas untuk penanganan COVID-19.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Isnawa Adji yang juga Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa malam, mengatakan segala persiapan sedang dilakukan oleh jajaran terkait.

"Malam ini Pak Wali dan saya beserta pejabat adakan video konferensi mensosialisasikan pedoman penanganan COVID-19 di wilayah," kata Isnawa.

Persiapannya adalah tindak lanjut dari surat edaran Sekretaris Daerah DKI Jakarta no 29/2020, dan lokasinya diusulkan oleh kelurahan setempat.

Baca juga: Empat sekolah di Jaksel jadi tempat akomodasi tenaga medis COVID-19

Adapun fasilitas penanganan COVID-19 yang dimaksud adalah bangunan untuk akomodasi tenaga medis dan ruang isolasi pasien COVID-19.

Sekolah yang digunakan untuk akomodasi tenaga medis juga disiapkan empat SMK yang terletak di Kecamatan Pasar Minggu.

Sedangkan sekolah untuk tempat isolasi pasien COVID-19 yang akan digunakan sebanyak 11 unit.

Saat ditanyakan kategori pasien yang akan diisolasi di gedung sekolah apakah positif atau orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP), Isnawa belum dapat memberikan informasi lanjutan.

Baca juga: PKK Jaksel galang aksi donor darah untuk PMI

"Nanti saya info, kami masih terus tunggu perkembangan," kata Isnawa.

Namun, Iswana yang juga Wakil Wali Kota Jakarta Selatan mengatakan persiapan telah dilakukan dan pada dasarnya lokasi yang menjadi alternatif untuk fasilitas penanganan COVID-19 sudah siap.

"Lokasi yang menjadi alternatif yang siap tidak memerlukan perbaikan berat, sarana prasarana sudah mendukung," kata Isnawa.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan Joko Sugiarto menambahkan, pihaknya telah melakukan rapat dengan sekolah sejumlah terkait persiapan itu.

"Intinya tidak ada (sekolah) yang nolak," kata Joko.

Baca juga: TPU di Jaksel batasi peziarah jelang Ramadhan

Data sementara 11 sekolah yang digunakan sebagai fasilitas penanganan COVID-19 yakni sembilan sekolah berada di Kecamatan Pesanggrahan dan dua sekolah di Kecamatan Cilandak.

Berikut rinciannya, Kecamatan Pesanggrahan
SDN Ujujami 04
SDN Ulujami 07
SDN Petukangan Selatan 03
SDN Petukangan Selatan 05
SDN Pesanggrahan 10
SDN Pesanggrahan 04
SDN Petukangan Utara 10
SDN Bintaro 04
SMA Negeri 86

Baca juga: Sekolah Unggulan SMAN MH Thamrin siapkan 20 ruang isolasi COVID-19

Kecamatan Cilandak
SDN Gandaria Selatan 01
SMK Negeri 28
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020