Medan (ANTARA News) - Calon Wakil Presiden Boediono menegaskan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) nasional harus dimudahkan oleh pemerintah, dari segi pendanaan hingga ke segala hal agar bisa semaju Singapura.

"UMKM itu embrio usaha besar sehingga memang harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah karena usaha-usaha itulah yang akan menggerakkan sektor ril," katanya usai makan malam di pusat jajanan Merdeka Walk Medan, Selasa.

Dia mengakui, meski masih banyak yang mengeluhkan UMKM, namun pemerintah harus memperhatikannya mengingat UMKM terbukti mampu membantu pertumbuhan ekonomi saat krisis moneter.

Boediono melihat masalah paling mendasar dari UMKM adalah dalam pola manajemennya sehingga harus menjadi perhatian utama pemerintah.

"Saya kira kalau serius dibantu, UMKM Indonesia bisa sama majunya dengan Singapura. Bahkan bisa lebih maju karena potensi usaha dan pasarnya lebih besar mengingat jumlah penduduk yang lebih besar pula," katanya.

Dia mendesak pemerintah memberi pengusaha UMKM ilmu pengetahuan, praktik dan kemudahan mendapatkan label sehat seperti di Singapura yang membuat produknya direspon positif konsumen sehingga usaha berkembang maju.

"Lihat di Merdeka Walk ini, ternyata kalau pedagangnya ditata, bisamenjadi tempat yang bagus dan diminati konsumen," katanya. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009