Kolombo (ANTARA News/AFP) - Seorang anggota parlemen Kanada ditahan setibanya di bandara internasional Sri Lanka, Rabu, dan mungkin dideportasi atas tuduhan mendukung pemberontak Macan Tamil, kata para pejabat.

Bob Rae, seorang anggota parlemen dari partai Liberal dan pengecam keras serangan militer Sri Lanka terhadap pemberontak itu, dicegat di Bandara Internasional Bandaranaike dan dilarang melewati imigrasi, kata seorang pejabat kementerian luar negeri.

"Ada tuduhan-tuduhan bahwa ia mendukung pemberontak Macan Tamil," kata seorang pejabat, yang tidak bersedia namanya disebutkan.

"Kami belum mendeportasi dia," tambahnya.

Kanada memberikan suaka kepada lebih dari 300.000 warga etnik Tamil yang meninggalkan Sri Lanka tahun 1980-an, dan sejumlah pengungsi berunjukrasa anti Sri Lanka dalam bulan-bulan belakangan ini.

Bulan lalu, Kanada menuduh polisi Sri Lanka gagal menjaga kedubesnya di Kolombo ketika kompleks itu jadi sasaran pelemparan batu para pemrotes da meminta masalah itu diselidiki secara tuntas.

Puluhan pemrotes meneriakkan yel-yel anti Kanada dan melemparkan batu ke gedung misi itu mencoret pintu masuk le kompleks diplomatik itu.

Para pemrotes menuduh Kanada sangat bersimpati degan para pemberontak Macan Tamil, yang ditumpas pasukan pemerintah dalam pertempuran akhir bulan lalu.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009