Jakarta (ANTARA News) - Program "Internet Sehat" dinilai akan mendorong penggunaan teknologi informasi (TI) secara positif dan beretika, kata Dirjen Aplikasi Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika Cahyana Ahmadjayadi.

"Program `Internet Sehat` itu akan digelar Kamis (11/6) dengan menghadirkan dewan juri musisi dan penyanyi," kata Cahyana di Jakarta, Rabu.

Dewan juri "jingle" yang diciptakan kaum remaja yang sebagian besar pengguna internet itu adalah musisi Anang Hermansyah dan penyanyi Tere.

Menurut Cahyana, kedua juri itu yang akan memberikan penilaian kategori "jingle" terbaik" untuk karya masyarakat umum. Acara itu sendiri digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta.

"Kami optimistis, kompetisi `Internet Sehat` ini akan diikuti banyak peserta," katanya.

Melalui media lagu atau "jingle" itu, lanjutnya, diharapkan sosialisasi untuk menggunakan internet secara beretika dan positif di kalangan masyarakat dapat dicapai.

Pentingnya hal itu dilakukan karena kejahatan dunia internet berkembang bersama perkembangan TI. Bahkan belakangan kejahatan teknologi informasi sangat beragam, mulai dari serangan virus, pencurian data kartu kredit, "hacking", penyalahgunaan dan serangan penjahat internal yang bisa terjadi kapan saja.

Berkaitan dengan hal tersebut, Cahyana mengatakan, perlu menyelamatkan generasi muda agar tidak menjadi pelaku kejahatan TI ataupun melakukan tindak kriminal karena dorongan pemanfaatan TI secara negatif.

Salah satu fenomena yang terjadi di masyarakat dari sejumlah survei lembaga non pemerintah menyebutkan, kasus pemerkosaan cenderung meningkat setelah pelaku tindak kriminal itu menonton situs pornografi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009