Jakarta (ANTARA News) - Pebulutangkis tunggal Sony Dwi Kuncoro dan ganda Markis Kido/Hendra Setiawan mengawali turnamen Singapura Terbuka Super Series dengan bermain tiga game sebelum membukukan tempat di babak berikutnya.

Sony yang menjadi unggulan ketiga turnamen berhadiah 200.000 dolar AS itu, meraih kemenangan tiga game atas pemain non unggulan dari India Arvind Bhat 21-12, 15-21, 21-9 dalam pertandingan yang digelar di Singapore Indoor Standium, Rabu.

Setelah terus memimpin setelah menyamakan kedudukan 2-2 pada game pertama untuk menang 21-12, Sony tertinggal sejak awal game kedua tanpa mampu mengejar angka lawan sehingga kehilangan game tersebut 15-21.

Setelah bermain ketat hingga kedudukan 10-9, Sony membukukan 11 poin beruntun untuk memenangi pertandingan dan selanjutnya bertemu pemain Taiwan Hsieh Yu Hsing yang menang atas pemain Malaysia Lee Tsuen Seng 21-13, 21-11.

Unggulan pertama ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan juga dipaksa bermain rubber-game oleh lawan mereka asal Jerman Michael Fuchs/Ingo Kindervater.

Pasangan peringkat satu dunia itu membutuhkan waktu 45 menit untuk meraih kemenangan 21-17, 18-21, 21-18 sekaligus mendapat tiket ke babak 16 besar bertemu ganda Jerman lainnya, Kristof Hopp/Johannes Schoettler yang juga bermain tiga game untuk menundukkan Chris Adcock/Robert Blair dari Inggris 21-16, 20-22, 21-13.

"Biasa, bermain pertama masih agak tidak enak mainnya. Besok sudah harus siap lagi," kata Kido soal permainannya yang kurang maksimal pada pertandingan pertama.

Selain mereka, pemain Indonesia yang maju ke babak berikutnya adalah tunggal putra Simon Santoso, tunggal putri Adriyanti Firdasari, ganda putra Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama, dan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda.

Simon yang menang WO (walkover) atas pemain China Gong Weijie selanjutnya bertemu pemain andalan Thailand Boonsak Ponsana, sementara Firdasari akan menghadapi Saina Nehwal dari India pada putaran kedua setelah sebelumnya menang atas Kim Moon Hi dari Korea 23-21, 21-15.

Rian/Yonathan akan menghadapi lawan berat, unggulan keempat asal Denmark Lars Paaske/Jonas pada babak 16 besar setelah sebelumnya menang mudah 21-15, 21-14 atas ganda Belanda Jorrit De Ruiter/Jurgen Wouters.

Sedangkan satu-satunya ganda putri, Greysia/Nitya, setelah pasangan Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari mundur karena Shendy sakit, menang mudah 21-10, 21-8 atas pasangan Korea Jang Ye Na/Kim Mi Young untuk membukukan pertemuan dengan pasangan tuan rumah Singapura Shinta Mulia Sari/Yao Lei pada babak kedua.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009