Beijing (ANTARA) - Saham-sahan China berakhir lebih tinggi pada perdagangan Rabu, bangkit dari kerugian hari sebelumnya ketika para investor melakukan aksi ambil untung setelah menikmati kenaikan tiga hari beruntun.

Indikator utama Indeks Komposit Shanghai naik 0,6 persen menjadi ditutup pada 22.843,98 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen di bursa kedua China berakhir 1,05 persen lebih tinggi pada 10.617,19 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang mencakup kedua indeks tersebut mencapai 605,98 miliar yuan (sekitar 85,47 miliar dolar AS), menyusut dari 649,3 miliar yuan (sekitar 91,77 miliar dolar AS) pada hari perdagangan sebelumnya.

Baca juga: BI yakin rupiah kuat dan stabil, meski dibayangi jatuhnya harga minyak

Jumlah saham yang meraih untung lebih banyak daripada yang merugi, sebanyak 936 saham terhadap 457 saham di bursa Shanghai dan 1.474 saham terhadap 634 saham di bursa Shenzhen.

Baca juga: Rupiah Rabu sore menguat, ditopang naiknya mata uang Asia

Saham-saham yang terkait dengan produksi pertanian berkinerja terbaik, dengan perusahaan pertanian Wanxiang Doneed Co Ltd melihat kenaikan harga sahamnya pada batas harian 10 persen.

Perusahaan-perusahaan di industri konservasi air dan asuransi memimpin kerugian.

Sementara itu, Indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, bertambah 0,95 persen menjadi ditutup pada 2,043,17 poin.

Baca juga: Bursa Saham Tokyo ditutup jatuh, setelah harga minyak anjlok lagi

Baca juga: Bursa saham Autralia ditutup hampir datar, setelah terpuruk kemarin

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020