Makassar (ANTARA News) - Informasi mengenai ledakan keras yang tedengar di Makassar, Kamis sore, hingga kini masih simpang siur.

Banyak dugaan yang muncul di masyarakat, mulai dari ban pecah, gardu listrik yang meledak, petir hingga pesawat sukhoi yang terbang rendah.

Seorang petugas keamanan di Mal Panakukang, Makassar, yang pertama kali diduga sebagai lokasi sumber ledakan, mengaku memang mendengar ledakan dan sempat membuat pengunjung terkejut, namun tidak sampai menimbulkan kepanikan. "Saya memperkirakan itu adalah suara petir," kata petugas tersebut.

Karyawati sebuah departement store di mal tersebut juga sempat kaget mendengar ledakan tersebut. "Saya dengar ledakan dengan selang waktu yang cukup dekat sepertinya suara tersebut berasal dari atap gedung," ujarnya.

Pedagang kaki lima di sekitar wilayah itu juga mengaku mendengar suara ledakan yang keras pada sekitar jam lima sore.

Sumber ledakan juga sempat diperkirakan berasal dari salah satu Mal lainnya di Kota Makassar.

Kepala Bidang Data dan Informasi, Balai Besar Meteorologi dan Geofisika, Makassar mengatakan, pihaknya tidak mencatat adanya fenomena petir yang disertai guntur keras di wilayah Makassar. Begitu juga dengan pantauan dari Kabupaten Gowa.

"Memang ada gempa yang terjadi di Kabupaten Bulukumba, namun skalanya kecil hanya dua skala richter dan tidak akan menimbulkan dampak serius," jelasnya.

Alat yang dimiliki BMG juga tidak menemukan keberadaan pesawat tempur yang terbang rendah.

Deputi Manajer Komunikasi dan Hukum PLN wilayah Sulsel, Sultra, dan Sulbar, Yamin Loleh juga menyatakan semua trafo dan instalansi PLN di wilayah Makassar dan sekitarnya aman.

Keterangan serupa juga disampaikan oleh Humas PLN wilayah Makassar, Edy Thamrin. Semua dugaan yang berkembang mengenai ledakan yang mengejutkan masyarakat hingga kini masih belum bisa dipastikan.(*) 

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009