Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra unggulan pertama Markis Kido/Hendra Setiawan kembali harus berjuang melawan pemain Jerman, saat untuk keduakalinya berturut-turut mereka dipaksa bermain tiga game sebelum akhirnya menang pada turnamen Singapura Terbuka Super Series.

Bermain dalam partai terakhir yang digelar di Singapore Indoor Stadium, Kamis malam, pasangan nomor satu dunia itu kehilangan game kedua setelah sempat memimpin 18-15 sehingga harus digelar game penentuan yang berakhir dengan kemenangan 21-16, 19-21, 21-9 atas pasangan Kristof Hopp/Johannes Schoetller.

Sehari sebelumnya, ganda putra juara Olimpiade Beijing tersebut juga dipaksa bermain tiga game oleh pasangan Jerman lainnya, Michael Fuchs/Ingo Kindervater.

"Tadi agak kendor, mainnya kurang menekan terus," ujar Kido setelah pertandingan mengenai kegagalan pada game kedua.

Pada perempatfinal turnamen berhadiah 200.000 dolar AS tersebut, Kido/Hendra bertemu pasangan Singapura Hendri Kurniawan Saputra/Hendra Wijaya yang menyingkirkan ganda Malaysia Chan Choong Ming/Chew Choon Eng 21-19, 21-16.

Menghadapi pasangan tuan rumah itu, Kido mengatakan harus lebih siap lagi dibanding pada pertandingan-pertandingan sebelumnya, karena pasangan tersebut pernah mengalahkan mereka pada babak pertama Singapura terbuka 2006.

Ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda memantang unggulan pertama Wong Pei Tty/Chin Eei Hui dari Malaysia pada perempatfinal setelah mereka memenangi partai 16 besar melawan pasangan tuan rumah Singapura Shinta Mulia Sari/Yao Lei.

Greysia/Nitya hanya membutuhkan waktu 31 menit untuk membukukan kemenangan 21-12, 21-17 atas ganda putri Singapura tersebut sekaligus memastikan tempat di perempatfinal.

Adapun Wong/Chin maju ke babak delapan besar dengan menyisihkan pasangan Belanda Rachel Van Cutsen/Paulien Van Dooremalen 21-16, 21-15.

Pelatih ganda putri Aryono Miranat memperkirakan pertemuan pasangan Indonesia dengan Malaysia itu akan berlangsung ketat.

"Ramailah, Greysia/Nitya pernah kalah waktu di Denmark tahun lalu, moga-moga sekarang menang," harap Aryono.

Sementara itu, pemain tunggal putri Adriyanti Firadsari harus pulang sebelum mencapai perempatfinal setelah langkahnya dihentikan unggulan keenan dari India Saina Nehwal 18-21, 21-17, 17-21.

Dengan demikian, pemain Indonesia yang masih bertahan di perempatfinal selain Kido/Hendra dan Greysia/Nitya adalah Sony Dwi Kuncoro dan ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir.

Menyusul tersingkirnya finalis tahun lalu Simon Santoso, sektor tunggal putra juga kehilangan juara bertahan Lee Chong Wei dari Malaysia setelah peringkat satu dunia itu kalah dari pemain Vietnam Nguyen Tien Minh dengan skor ketat 22-24, 22-20, 19-21.

Pemain peringkat dua dunia Peter Gade dari Denmark pun tersingkir setelah gagal mengatasi pemain India Anuh Sridhar hingga menyerah dengan skor 19-21, 21-16, 13-21.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009