Malang (ANTARA News) - Calon Presiden Megawati Soekarnoputri mengingatkan bahwa pemancangan tiang pertama pembangunan jembatan Suramadu untuk menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura dilakukan olehnya saat masih menjabat sebagai presiden .

"Suramadu baru saja jadi. Tapi yang buat tiang pancang pertama adalah Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Megawati saat silaturahmi dan doa bersama capres dan cawapres Megawati-Prabowo dengan ulama dan santri se-Jatim, di Stadion Kahuripan, Turen, Jatim, Minggu.

Peresmian jembatan tersebut dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni.

"Jangan suka lupa. Barang jadi harus lihat permulaannya," kata Megawati.

Ia mengatakan, mengakhiri suatu pekerjaan adalah hal yang mudah namun langkah pertama untuk memulai pekerjaan adalah yang sulit.

"Hal itu harus diingat rakyat Jatim. Suramadu awal pangkalnya adalah berasal dari perempuan," katanya.

Oleh karena itu, katanya, kaum perempuan harus bangga karena awal mula Suramadu dibangun oleh perempuan.

Pada 14 Desember 1990, pemerintahan Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 55 Tahun 1990 tentang Pembangunan Jembatan Nasional Surabaya-Madura.

Setelah lama tertunda, kepastian proyek ini dilanjutkan setelah Presiden Megawati Soekarnoputri mengeluarkan Keppres No. 79/2003 tentang Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura.

Megawati saat menjabat presiden mencanangkan pembangunan Jembatan Suramadu pada tanggal 20 Agustus 2003.

Pada tanggal 10 Juni 2009, jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009