Jakarta, 15/6 (ANTARA) - Pada tanggal 26 - 27 Mei 2009, Departemen Luar Negeri RI menyelenggarakan Technical Expert Group Meeting (TEGM) F-11 di Bali. Forest Eleven (F-11) merupakan sebelas negara pemilik hutan tropis terluas di dunia. Pertemuan tersebut dibuka oleh Sekretaris Jenderal DEPHUT dan dihadiri oleh negara F-11 yaitu Brazil, Malaysia, Peru, Costa Rica, Kolumbia dan Indonesia. Adapun Papua New Guenie, Kamerun, Gabon, Kongo dan Demokratik Republik Kongo tidak dapat menghadiri pertemuan tersebut.

Agenda pertemuan F-11 ini mengikuti draft notes for discussion yang telah dikonsultasikan dengan seluruh negara F-11 di New York. Berkenaan dengan modalitas kerjasama F-11, Pertemuan merekomendasikan beberapa hal terkait di antaranya:

Focal point untuk mengkoordinasikan F-11 adalah Perwakilan Tetap Negara F-11 di New York dan dibantu oleh focal points di masing-masing negara F-11.

Rotasi kepemimpinan F-11 untuk masa waktu 2 tahun dan digilir sesuai dengan rotasi kawasan yaitu Asia, Amerika Latin dan Afrika. Negara F-11 menyambut baik usulan Indonesia untuk menjadi ketua pertama F-11.

Pertemuan F-11 akan diadakan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB dan pertemuan internasional lainnya terkait dengan isu kehutanan global. Pertemuan tingkat pejabat senior dan tingkat menteri akan diadakan setiap dua tahun. Pertemuan tingkat expert akan diadakan minimal 2 kali setahun atau sesuai dengan kebutuhan. Mengenai pertemuan tingkat Summit, Pertemuan belum dapat menyepakati jadwal pertemuan yang semula diusulkan setiap 4 tahun atau saat dipandang perlu.

Arah kerjasama F-11 pada masa yang akan datang adalah kerjasama F-11 di forum multilateral sektor kehutanan global dan kerjasama teknis dalam kerangka skema kerjasama Selatan-Selatan.

Modalitas kerjasama F-11 melalui skema triangular cooperation, dan disepakati sebagai bentuk yang bersifat komplementer dan juga disepakati adanya country led initiative dalam kerangka kerjasama F-11 dengan mitra.

Membuat website sebagai pusat koordinasi dan promosi F-11. Indonesia telah menyampaikan kesiapan untuk menjadi host website sementara F-11.

Dalam pembahasan mengenai persiapan pertemuan tingkat Senior Official Meeting (SOM) dan Menteri, telah disepakati bahwa pertemuan SOM akan dilakukan pada tanggal 22 Juni 2009 di Jakarta, Indonesia. Diharapkan pertemuan SOM akan membahas rekomendasi TEGM sebagaimana tersebut di atas dan isu pending, mengesahkan modalitas F-11, program kerja, cooperation framework dan membahas proyek konkrit F-11. Adapun pertemuan tingkat Menteri F-11 akan dilakukan pada tanggal 23 Juni 2009 di Jakarta. Pertemuan tingkat Menteri akan meluncurkan secara resmi forum kerjasama dan proyek konkrit F-11, dan mendiskusikan mengenai visi kerjasama F-11 ke depan, mengesahkan deklarasi dan seluruh hasil pertemuan tingkat pejabat senior.

Disepakati bahwa program kerja F-11 akan dibahas dan disepakati setiap dua tahun dan dikembangkan term of reference-nya oleh negara yang mengusulkan program kerja tersebut.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Masyhud, Kepala Pusat Informasi Kehutanan, Departemen Kehutanan


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009