Jakarta, (ANTARA News) - Debat calon presiden (capres) 2009 perdana akan diselenggarakan Kamis malam (18/6) bertempat di studio satu milik stasiun televisi Trans TV, Jakarta dan disiarkan secara langsung oleh televisi yang bersangkutan.

Debat yang mempertemukan tiga capres yaitu Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Jusuf Kalla ini akan dipandu oleh moderator Anies Baswedan denga tema yang diangkat yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta menegakkan supremasi hukum dan hak asasi manusia.

Sebelumnya, anggota KPU I Gusti Putu Artha menjelaskan debat capres ini dikemas dalam durasi 90 menit dengan alokasi 7 menit untuk menyampaikan visi-misi, tanya jawab moderator dengan calon selama 30 menit, dan sisanya untuk tanya jawab antar calon.

Pada sesi tanya jawab dengan moderator tersebut, Putu mengatakan moderator akan mengajukan pertanyaan pada setiap capres dan setiap calon dibatasi waktu untuk menjawab.

"Banyaknya waktu justru tidak menjadi ukuran bagus tidaknya jawaban yang diberikan," katanya.

Setelah sesi pertanyaan dari moderator, setiap capres dan cawapres diberikan kesempatan untuk saling mengajukan pertanyaan dan menjawab dengan waktu yang singkat, tidak lebih dari lima menit.

Anies Baswedan yang ditemui Senin (15/6) di Gedung KPU mengatakan keterbatasan waktu tersebut menjadi tantangan bagi capres untuk memberikan gambaran pada masyarakat dalam waktu yang singkat.

"Semua tema debat ini memiliki kendala waktu, tetapi ini justru menjadi tantangan bagi capres dan cawapres," katanya. 

Debat capres ini akan dilaksanakan tiga kali, pertama yang dilaksanakan malam ini, kedua pada 25 Juni dengan tema mengentaskan kemiskinan dan pengangguran serta dipandu oleh moderator Aviliani, sedangkan debat capres ketiga pada 2 Juli dengan tema NKRI, demokrasi dan otonomi daerah dan moderator Pratikno.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009