New York (ANTARA News/AFP) - Sebuah pesawat perusahaan Continental yang sedang dalam perjalanan dari Brussel menuju New York mendarat dengan selamat di bandara Newark, Kamis, setelah pilot tewas selama penerbangan, kata perusahaan penerbangan itu.

Pesawat Boeing 777 yang membawa 247 penumpang itu melakukan pendaratan darurat dengan dikendalikan oleh dua co-pilot sekitar pukul 16.00 GMT (pukul 23.00 WIB) di bandara New Jersey, yang merupakan salah satu dari tiga bandara utama yang melayani New York City.

"Kapten pesawat Continental Penerbangan 61 yang sedang dalam perjalanan dari Brussel menuju Newark tewas selama penerbangan, tampaknya karena penyebab alamiah," kata perusahaan penerbangan itu dalam sebuah pernyataan. "Penerbangan berlanjut dengan selamat dengan dikendalikan dua pilot."

Jurubicara Badan Penerbangan Federal (FAA) Jim Peters mengatakan kepada televisi NY1, pesawat-pesawat lain ditunda pendaratannya agar pesawat Continental itu bisa turun dengan aman di bandara Newark.

Ketika ditanya apakah penumpang diberi tahu mengenai pendaratan darurat itu, Peters mengatakan, "Perhatian awak pesawat adalah mengedalikan pesawat tersebut."

Menurut Continental Airlines, pilot yang tewas itu berusia 61 tahun, tinggal di Newark dan telah bekerja untuk perusahaan penerbangan tersebut selama 21 tahun.

Continental Airlines, perusahaan penerbangan terbesar kelima dunia, melayani penerbangan setiap hari dari Brussel menuju New York-Newark dengan menawarkan lebih dari 230 hubungan bagi tempat tujuan di AS, Kanada, negara-negara Amerika Latin dan Selatan, serta Karibia.

Perusahaan penerbangan itu kehilangan pilot dalam penerbangan sebelumnya. Pada Januari 2007, sebuah pesawat Continental dari Teksas menuju tempat liburan di Meksiko melakukan pendaratan darurat setelah pilot sakit. Co-pilot berhasil mendaratkan dengan selamat pesawat yang membawa 210 penumpang itu dan pilot kemudian meninggal di darat.

Pada Mei 2000, pesawat perusahaan peberbangan Taiwan China Airlines terpaksa kembali tak lama setelah lepas landas ketika pilot mengalami serangan jantung. Co-pilot berhasil menerbangkan kembali pesawat itu ke bandara dan pilot meninggal tak lama setelah tiba di sebuah rumah sakit.

Pada Maret 1997, sebuah pesawat Airbus A-320 Gulf Air tergelincir di bandara Abu Dhabi setelah seorang pilot mengalami serangan jantung pada saat lepas landas.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009