Manado (ANTARA News) - Tiga daerah di Provinsi Sulawesi Utara, yakni Bolaang Mongondow, Minahasa, dan Sangihe Talaut, menuntut pemisahan diri dari provinsi itu dan masing-masing ingin menjadi provinsi baru.

Tuntutan itu disampaikan pada pertemuan tiga komunitas adat yang berlangsung di Manado, Jumat, dan dihadiri sejumlah tokoh agama, cendekiawan, dan elit politik.

Ketua pelaksana yang juga salah seorang penggagas acara tersebut, Dr. Adrian Bert Supit, mengatakan, pertemuan itu merupakan puncak dari keinginan masyarakat di tiga daerah yang telah lama menginginkan daerahnya dimekarkan.

"Saya melihat ada keinginan masyarakat di tiga daerah yang begitu menggebu-gebu untuk segera dilakukan pemekaran, sehingga kami bersama dengan beberapa teman langsung melakukan pertemuan ini dengan tujuan untuk menyamakan presepsi," kata Pimpinan Majelis Adat Minahasa tersebut.

Menurut dia, masyarakat di tiga daerah tersebut merasakan ketidakadilan dalam pembangunan.

Dia mengatakan, masih banyak sarana dan infrastruktur yang belum memadai serta pendidikan yang masih dibawah standar.

Mantan aktifis di era delapan puluhan ini menyadari kalau pemekaran daerah bukanlah sesuatu yang mudah, karena harus didukung oleh beberapa hal yang yang diyakini bisa membawa kesejahteraan pada masyarakat.

"Tujuan pemekaran daerah tidak lain adalah kepentingan kesejahteraan rakyat, dan bukan karena kepentingan kelompok, dan ini adalah bagian dari aspirasi rakyat yang menuntut adanya demokratisasi," katanya.

Sementara dari masing-masing perwakilan adat juga menegaskan hal yang sama dan bahkan mereka mendesak secepatnya bisa disetujui untuk dibentuk provinsi sendiri.

"Kami akan terus berjuang sampai ke tingkat pusat untuk dapat disahkannya daerah kami menjadi provinsi," tegas CJ Rantung, perwakilan adat Minahasa yang juga mantan Gubernur Sulut, didampingi Mokodompit dari Bolmong dan Pitres dari Sangihe Talaut.

Sejumlah tokoh yang hadir diantaranya Prof. Dr. Frans G Ijong dan KH. Arifin Assegaf, sementara tokoh dari Sangihe, Anwar Panawar, tidak datang. Anwar saat ini menjabat Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulut.

Daerah Minahasa selama ini dibagi menjadi Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, dan Minahasa Raya. Daerah tersebut ingin mendirikan Provinsi Minahasa.

Daerah Sangihe Talaud yang terdiri dari Kabupaten Talaud, Kabupaten Sangihe dan Sitaro, ingin mendirikan Provinsi Nusa Utara.

Sedangkan Bolaang Mangondow terdiri dari Bolmong Utara, Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Bolmong dan Kotamubagu. Daerah ini ingin menjadi Provinsi Totabuan.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009